Rusia Upgrade Sistem Pertahanan, Roket HIMARS Buatan AS Bukan Masalah Lagi

Anton Suhartono ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 21:07:00 WIB
Rusia Upgrade Sistem Pertahanan, Roket HIMARS Buatan AS Bukan Masalah Lagi
Rudal sistem pertahanan Rusia kini bisa mendeteksi dan merontokkan roket HIMARS Ukraina (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia meng-upgrade rudal sistem pertahanannya sehingga bisa merontokkan senjata jarak jauh Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) Ukraina. Upgrade dilakukan dengan menanamkan perangkat lunak baru pada sistem pertahanan Rusia.

Seorang sumber komandan militer Rusia yang bertugas di Zaporizhzhia mengatakan, tentara Ukraina kini mengandalkan senjata jarak jauh buatan Amerika Serikat (AS) itu. Namun dia menegaskan, pasukannya sudah bisa mencegat serangan HIMARS.

“Sekarang kami tidak punya masalah dalam mendeteksi, melacak, dan menghancurkannya,” kata komandan yang meminta identitasnya tak dipublikasikan itu, seperti dikutip dari RT, Sabtu (3/12/2022).

Dia mengklaim, sejauh ini unitnya berhasil menjatuhkan sekitar 10 roket HIMARS, empat di antaranya terjadi sebulan terakhir.

Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menyatakan telah mengirim 38 sistem HIMARS lengkap dengan amunisi ke Ukraina hingga 23 November. Namun jumlah itu bisa terus bertambah. Pada Kamis, Pentagon memberikan kontrak senilai 431 juta dolar AS kepada produsen HIMARS, Lockheed Martin, hingga 2025 untuk memproduksi HIMARS. 

Selain untuk kebutuhan Angkatan Darat AS, HIMARS itu juga akan dikirim untuk membantu mitra-mitra asing.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda