Rusia Usir 17 Diplomat Bulgaria, Aksi Balas Dendam Moskow?

Umaya Khusniah · Jumat, 05 Agustus 2022 - 18:26:00 WIB
Rusia Usir 17 Diplomat Bulgaria, Aksi Balas Dendam Moskow?
Pemerintah Rusia menyatakan 14 diplomat Bulgaria Persona Non Grata. (Foto: Pixabay)

MOSKOW, iNews.id - Pemerintah Rusia menyatakan 14 diplomat Bulgaria Persona Non Grata pada Jumat (5/8/2022). 

Pada Juni lalu, Bulgaria mengusir 70 staf diplomatik Rusia dari negara itu. Pemerintah khawatir dengan spionase dan telah membatasi jumlah perwakilan Moskow sejak konflik Rusia-Ukraina. 

Informasi itu diumumkan kementerian luar negeri dan perdana menteri Bulgaria, Selasa (28/6/2022). Ini merupakan pengusiran terbesar diplomat Rusia oleh Sofia dalam beberapa tahun terakhir.

"Hari ini kami telah mengusir 70 diplomat Rusia. Banyak dari mereka bekerja langsung untuk layanan (intelijen) dan peran diplomatik lebih seperti kedok," kata Perdana Menteri Bulgaria, Kiril Petkov.

Keputusan itu mengurangi separuh kehadiran diplomatik Rusia. Pada akhir April lalu, jumlah diplomat Rusia di Bulgaria mencapai 114 orang.

Pengusiran itu, yang membuat hubungan diplomatik menjadi tegang. Bulgaria sangat mendukung sanksi Barat terhadap Moskow sejak melancarkan perangnya terhadap Ukraina. 

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Jumat, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan langkah oleh Bulgaria tersebut adalah bukti dari degradasi lebih lanjut dari Barat yang siap mengorbankan kepentingan mitra untuk menyerang Rusia.

“Kepatuhan tanpa syarat Bulgaria pada garis destruktif ini sangat disesalkan,” tambahnya.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda