Sadis, Tentara Myanmar Tembak Mati Bocah 14 Tahun

Anton Suhartono ยท Sabtu, 29 Mei 2021 - 10:33:00 WIB
Sadis, Tentara Myanmar Tembak Mati Bocah 14 Tahun
Pasukan Myanmar membunuh seorang bocah 14 tahun di Kayah (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun tewas ditembak pasukan Myanmar di Negara Bagian Kayah, Kamis (27/5/2021). Peristiwa sadis itu diungkap badan PBB UNICEF Myanmar dalam akun Twitter-nya.

Pasukan Myanmar dalam beberapa pekan terakhir terlibat pertempuran dengan kelompok bersenjata yang bermukim di wilayah perbatasan dengan Thailand.

"Kemarin, seorang bocah laki-laki 14 tahun ditembak mati pasukan keamanan di Kota Loikaw, Negara Bagian Kayah," demikian pernyataan UNICEF Myanmar pada Jumat.

Disebutkan, sejak kudeta militer menggunglingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari, jumlah anak-anak yang terbunuh mencapai 55 orang.

"Saat bentrokan berlanjut, UNICEF mendesak semua pihak untuk sepenuhnya menahan diri dan memprioritaskan perlindungan anak," kata UNICEF.

Militer Myanmar menggencarkan serangan ke kelompok etnis yang menolak tunduk dengan pemerintahan junta. 

Sebelumnya belasan kelompok etnis bersenjata menegaskan dukungan kepada kalangan pro-demokrasi untuk menentang kudeta militer. Mereka mulai menyerang pos-pos polisi di daerah kekuasaan masing-masing.

Kelompok hak sipil Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) melaporkan, hingga Jumat pasukan junta militer telah membunuh 833 orang dan menahan 4.000 lebih lainnya.

Editor : Anton Suhartono