Sambut Mahasiswa Baru RI di Madinah, KJRI Jeddah Gelar Seremoni Selamat Datang

Agung Legiarta ยท Minggu, 24 November 2019 - 21:12 WIB
Sambut Mahasiswa Baru RI di Madinah, KJRI Jeddah Gelar Seremoni Selamat Datang

KJRI Jeddah menggelar penyambutan kepada mahasiswa RI yang berkuliah di Madinah (Foto: Agung Legiarta/iNews)

MADINAH, iNews.id - Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah menyambut kedatangan mahasiswa baru Indonesia di Universitas Islam Madinah (UIM) dan Universitas Taibah Madinah (UTB) di Istirohah Royal, Madinah, Sabtu (23/11/ 2019).

Sebanyak 166 mahasiswa baru asal Indonesia diterima di Universitas Islam Madinah pada tahun ajaran 2019. Angka ini merupakan jumlah mahasiswa asing terbanyak yang diterima UIM dibandingkan negara lainnya. Selain UIM, tujuh mahasiswa baru asal Indonesia juga diterima di Universitas Taibah Madinah. Satu di antaranya merupakan perempuan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Konsul Jenderal Republik Indonesia Mohamad Hery Saripudin, Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) Agus Muktamar, Konsul Haji Endang Jumali, dan Pelaksana Fungsi Konsuler Kun Rizki.

Dalam sambutannya Hery menyampaikan agar mahasiswa memupuk budaya akademis yang positif di antaranya berdiskusi dan menulis.

Dia juga berpesan agar mahasiswa mengasah dan melatih intelektualitas dengan memperluas pergaulan dan berinteraksi dengan berbagai macam orang. Dengan bergaul luas akan membuka wawasan dan cara berpikir maka mahasiswa tidak akan terkungkung dalam persepsi sempit.

Mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan kesan positif kepada masyarakat Saudi.

“Selain tugas utama adalah belajar, mahasiswa merupakan aktor softpower diplomacy,” ujar Hery.

Konjen berharap pada 15 tahun ke depan mahasiswa di Madinah dapat mengisi posisi penting di Indonesia agar Indonesia semakin maju.

Sementara itu Agus menjelaskan bahwa welcoming reception yang rutin dilaksanakan setiap semester merupakan sarana penyampaian informasi bagi mahasiswa baru, bukan hanya tentang fungsi KJRI Jeddah sebagai perwakilan Indonesia di luar negeri, namun juga peran yang bisa dimainkan oleh mahasiswa di luar negeri.

“Welcoming reception juga membekali mahasiswa terkait aturan dan norma yang berlaku sehingga para mahasiswa menjadi tamu yang baik di Arab Saudi,” tutur Agus.

Hadir dalam kegiatan welcoming reception dua mahasiswa S3 UIM yang menjadi pengisi kajian rutin di Masjid Nabawi, yakni Ustaz Ariful Bahri dan Ustaz Irsyad Hasan.


Editor : Anton Suhartono