Sehari Sebelum Lengser, Donald Trump Ternyata Lakukan Ini kepada Negara Arab

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:01:00 WIB
Sehari Sebelum Lengser, Donald Trump Ternyata Lakukan Ini kepada Negara Arab
Donald Trump, saat hendak meninggalkan Gedung Putih di Washington DC dengan helikopter Marine One, Rabu (20/1/2021). (Foto: AP)

ABU DHABI, iNews.idDonald Trump kini tak lagi menjabat presiden AS. Sejak Rabu (20/1/2021), politikus Partai Republik itu resmi digantikan lawannya di Pilpres AS 2020, Joe Biden.

Sehari sebelum meninggalkan Gedung Putih, Trump masih sempat merampungkan sejumlah pekerjaan yang tersisa, termasuk soal perdagangan senjata dengan sekutu Amerika. Salah satunya dengan Uni Emirat Arab (UEA). 

Pada Jumat (22/1/2021) kemarin, negara Teluk itu mengonfirmasi telah menandatangani perjanjian terkait pembelian 50 jet tempur F-35 dan 18 drone (pesawat tak berawak) bersenjata dengan Amerika Serikat. Perjanjian itu ditandatangani pada hari terakhir Donald Trump menjabat sebagai presiden AS.

Reuters melansir, selain pembelian pesawat tempur F-35 dan drone militer, UEA juga mendapat kesepakatan soal pembelian alat pertahanan lainnya. Nilai total perjanjian jual beli alutsista itu mencapai 23 miliar dolar AS (Rp324,25 triliun).

Kedutaan Besar UEA di Washington DC menyatakan lewat situs webnya, surat perjanjian itu telah diselesaikan pada Selasa (19/1/2021) waktu setempat. Surat itu mengonfirmasikan persyaratan pembelian, termasuk biaya, spesifikasi teknis, dan jadwal pengiriman yang telah diperhitungkan.

UEA selaku sekutu dekat AS, telah lama menyatakan minatnya untuk memperoleh jet tempur F-35 siluman buatan Lockheed Martin. Kedubes UEA mengatakan, kontrak pembelian alutsista dengan AS kali ini mencakup sebanyak 50 pesawat tempur F-35A senilai 10,4 miliar dolar AS; 18 drone MQ-9B senilai 2,97 miliar dolar AS, dan; berbagai amunisi senilai 10 miliar dolar AS.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2