Selandia Baru Bakal Longgarkan Syarat Karantina, Turis Asing Masih Belum Boleh Masuk

Salsabilla Nur Rizki · Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:16:00 WIB
Selandia Baru Bakal Longgarkan Syarat Karantina, Turis Asing Masih Belum Boleh Masuk
Kota Auckland di Selandia Baru. (Foto: ANTARA)

WELLINGTON, iNews.id – Pemerintah Selandia Baru bakal melonggarkan syarat dan aturan karantina terkait Covid-19 bagi warganya. Namun, negara itu belum membuka akses masuk bagi turis mancanegara.

Selandia Baru dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki peraturan ketat mengenai penyebaran virus coorona. Negeri kiwi juga termasuk salah satu yang cepat dalam penanganan Covid-19.

Rencana pelonggaran aturan karantina kali ini berlaku bagi warga Negara Selandia Baru yang berada di luar negeri dan ingin kembali ke tanah air mereka. 

Menteri Tanggap Covid-19 Selandia Baru, Chris Hipkins mengatakan, mulai November, warga Selandia Baru di luar negeri yang ingin pulang ke negara mereka kini diharuskan menjalani karantina di hotel yang telah ditentukan selama tujuh hari. Sementara, aturan sebelumnya menerapkan wajib karantina selama 14 hari.

“Saya mengakui bahwa terdapat banyak tekanan dan syarat yang harus dipenuhi untuk kembali ke sini. Pesan saya bagi warga Selandia Baru yang ingin kembali ke sini adalah, sekarang kalian tidak perlu menunggu lebih lama lagi,” ujarnya, dikutip Associated Press (AP), Kamis (28/10/2021).

Adapun warga yang kembali dari negara dengan kasus Covid ringan atau risiko rendah, bisa langsung pulang ke rumah mereka tanpa karantina, kata Hipkins. 

Menurut dia, ke depan akan ada peraturan baru mengenai hal tersebut jika capaian vaksinasi warga Selandia Baru berumur 12 tahun ke atas sudah mencapai angka 90 persen. Saat ini warga di negara tersebut yang sudah divaksinasi penuh baru mencapai 72 persen.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: