Semakin Tegang, Taiwan Resmikan Fasilitas Jet Tempur F-16 Kerja Sama dengan AS

Anton Suhartono ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 13:30:00 WIB
Semakin Tegang, Taiwan Resmikan Fasilitas Jet Tempur F-16 Kerja Sama dengan AS
Taiwan meresmikan fasilitas perawatan F-16 di Kota Taichung (Ilustrasi, Foto: AFP)

TAIPEI, iNews.id - Latihan militer China dan Amerika Serikat (AS) di sekitar perairan Taiwan meningkatkan kekhawatiran konflik terbuka.

AS berkomitmen akan mendukung Taiwan jika terjadi konflik di kawasan. Sementara itu China tak akan membiarkan Taiwan terlepas karena masih menggakui sebagai wilayahnya.

Untuk memperkuat pertahanan dari potensi konflik dengan China, Taiwan memperbarui armada militernya dengan bekerja sama dengan AS.

"Dibutuhkan kemampuan pertahanan yang kokoh serta tidak tunduk dan mengernyit untuk mempertahankan kedaulatan Republik China serta menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan," kata Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen, dalam peresmian pusat pemeliharaan jet tempur F-16 di Kota Taichung, Jumat (28/8/2020), dikutip dari Reuters.

Republik China adalah nama resmi Taiwan.

Tsai melanjutkan, fasilitas tersebut menandai tonggak sejarah dalam perjalanan Taiwan selama bertahun-tahun membangun industri pertahanan.

"Waktu yang dibutuhkan untuk perawatan jet akan sangat singkat dan ketersediaan akan ditingkatkan secara signifikan, memastikan kekuatan tempur Angkatan Udara di garis depan," ujarnya.

Tsai juga mengeluhkan peningkatan latihan militer China seraya mengingatkan risiko konflik yang tidak disengaja.

Fasilitas yang dibangun oleh produsen F-16 Lockheed Martin Corp dan Taiwan Aerospace Industrial Development Corp (AIDC) itu merupakan contoh terbaru kerja sama militer kedua pihak.

Amerika Serikat tahun lalu menyetujui penjualan jet tempur F-16 senilai 8 miliar dolar ke Taiwan, kesepakatan yang akan menambah armada F-16 Taiwan menjadi lebih dari 200 unit, jumlah terbesar di Asia.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda