Seorang Tentara Rusia Disidang atas Tuduhan Pemerkosaan Perempuan Ukraina saat Perang

Anton Suhartono ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 17:16:00 WIB
Seorang Tentara Rusia Disidang atas Tuduhan Pemerkosaan Perempuan Ukraina saat Perang
Seorang pasukan Rusia disidang atas tuduhan memerkosa perempuan Ukraina (Ilustrasi, Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Ukraina kembali menggelar sidang kejahatan perang kali ini dengan terdakwa seorang tentara Rusia, Mikhail Romanov (32). Dia menjalani sidang pendahuluan atas tuduhan memerkosa seorang perempuan Ukraina berusia 33 tahun, Kamis (23/6/2022). Namun sidang terhadap Romanov digelar secara in absentia karena yang bersangkutan belum ditangkap. 

Romanov juga dituduh membunuh seorang warga sipil yang tak lain suami dari perempuan yang diperkosa. Disebutkan dalam dokumen pengadilan, Romanov membunuh korban bernama Oleksiy di Kiev pada 9 Maret kemudian memerkosa istrinya beberapa kali.

Kementerian Pertahanan Rusia belum mengomentari sidang terhadap Romanov namun sebelumnya membantah tentaranya melakukan kejahatan perang.

Disebutkan dalam dokumen pengadilan, Romanov dan seorang rekannya menembak mati Oleksiy di rumahnya di Bohdanivka, Kiev. Dia kemudian memerkosa perempuan berusia 33 tahun itu.  Kedua tentara itu pergi namun datang lagi dua kali untuk kembali memerkosa korban. Status hukum rekan Romanov belum ditentukan.

Belum jelas siapa pembela Romanov yang akan dihadirkan dalam sidang tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: