Serangan Ubur-Ubur Botol Biru di Pantai India Lukai 100 Orang

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 08 Agustus 2018 - 09:41 WIB
Serangan Ubur-Ubur Botol Biru di Pantai India Lukai 100 Orang

Ubur-ubur botol biru serang warga di pantai Mumbai. (Foto: Getty Images)

MUMBAI, iNews.id - Ubur-ubur botol biru menyerang lebih dari 100 orang di pantai Juhu dan Aksa, Mumbai, India. Serangan ubur-ubur ini menyebabkan kepanikan dan ketakutan pengunjung.

Para pengunjung pantai mengeluh sakit setelah disengat. Bagian tubuh yang disengat mengalami gatal dan berwarna kemerahan.

Sengatan berbisa ubur-ubur botol biru mampu membunuh ikan, namun bukan manusia. Ini menyebabkan rasa gatal dan nyeri selama berjam-jam.

"Ubur-ubur menyengat orang yang masuk wilayahnya. Ini menyebabkan rasa sakit fisik dan bagian tubuh menjadi merah. Mungkin ada bagian tertentu yang menjadi mati rasa. Cuka dan air panas harus dituangkan ke bagian yang sakit," kata pejabat setempat, Arun Vidhale.

Beberapa pemilik toko mencoba membantu para korban dengan menggosokkan jeruk nipis di area yang disengat. Otoritas setempat meminta warga menghindari pantai selama beberapa hari ke depan.

Ubur-ubur botol biru sering datang ke pantai Mumbai di India barat untuk bereproduksi selama pertengahan musim hujan.

Pemerintah Negara Bagian Maharashtra juga memperingatkan warga agar tidak mengunjungi pantai tempat ubur-ubur botol biru ditemukan.

Spesies laut dari kelaurgaPhysaliidae ini umumnya ditemukan di Samudera Atlantik, Pasifik, dan India. Pada 2018, mereka terlihat dalam jumlah besar, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Editor : Nathania Riris Michico