Siap Bayar Pakai Rubel, Turki Amankan Pasokan Gas Rusia untuk Musim Dingin

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:14:00 WIB
Siap Bayar Pakai Rubel, Turki Amankan Pasokan Gas Rusia untuk Musim Dingin
Bendera Turki tengah berkibar di Istanbul (ilustrasi). (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Ankara dan Moskow telah mencapai kesepakatan terkait pembelian gas Rusia oleh Turki. Dengan begitu, Turki telah meningkatkan keamanan pasokan energinya menjelang musim dingin tahun ini.

Pada Kamis (11/8/2022) lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki, Fatih Donmez, mengumumkan bahwa negaranya bersedia membayar gas alam Rusia dengan mata uang rubel. Saat ini pihaknya juga tengah mendiskusikan opsi untuk membayar sebagian gas impor tersebut dalam mata uang lira Turki.

“Ini adalah perkembangan positif untuk mencapai kesepakatan tentang pasokan gas dari Rusia dalam mata uang nasional. Keamanan dan pasokan gas dari Rusia akan terus berlanjut. Dan saya tidak mengharapkan perpecahan (antara Turki dan Rusia) untuk saat ini,” ungkap Pemimpin Partai Inovasi Turki, Ozturk Yilmaz, kepada kantor berita Sputnik, akhir pekan ini.

Rusia terus menjajaki kesepakatan dengan para mitra dagang yang memungkinkannya untuk menjual komoditas dalam mata uang rubel dan mata uang nasional lainnya. Langkah tersebut dilakukan Moskow demi menghindari penggunaan dolar AS dalam bertransaksi. 

Perusahaan-perusahaan India semakin banyak menggunakan mata uang Asia untuk membeli barang-barang Rusia guna menghindari sanksi Barat, menyusul agresi militer Moskow ke Ukraina.

Yilmaz mengatakan, netralitas Turki dalam krisis Ukraina dan penolakannya untuk mendukung upaya Barat untuk mengisolasi Rusia patut dipuji. Kedua negara memiliki hubungan khusus yang telah terbukti penting selama masa volatilitas seperti saat sekarang ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda