Sidang Umum PBB, Indonesia Angkat Isu Ketimpangan Vaksinasi Covid hingga Afghanistan

Antara ยท Rabu, 15 September 2021 - 21:24:00 WIB
Sidang Umum PBB, Indonesia Angkat Isu Ketimpangan Vaksinasi Covid hingga Afghanistan
Febrian A Ruddyard (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Sidang Majelis Umum PBB tahun ini akan digelar pada 21 hingga 27 September mendatang. Indonesia akan menyampaikan beberapa pandangan di Sidang Majelis Umum ke-76 itu.

Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Febrian A Ruddyard mengatakan Indonesia di antaranya akan mengangkat isu ketimpangan vaksinasi Covid-19 secara global.

“Dengan adanya fakta ketimpangan vaksinasi di berbagai negara, saya rasa ini menjadi isu yang perlu diangkat di sidang majelis umum,” ujar Febrian, di Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Indonesia, lanjut dia, akan mendorong upaya global untuk mengatasi isu ketimpangan tersebut dengan menegaskan pandemi global tak akan berakhir jika tak ada kerja sama antarnegara.

“Intinya tidak ada negara yang bisa jadi pemenang sendirian, (pandemi harus diselesaikan) bersama-sama,” katanya.

Selain itu, Indonesia menyoroti beberapa isu lain, yaitu upaya menjaga ketertiban dunia yakni mendorong terciptanya perdamaian melalui dialog dan solusi politik guna mempercepat penyelesaian krisis seperti di Palestina, Afghanistan, dan Myanmar. Indonesia juga mendorong penguatan mekanisme PBB dan multilateralisme.

Indonesia juga akan menjelaskan peran dan kapasitasnya sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022, anggota Dewan ECOSOC 2021-2023, dan presiden G20 untuk tahun 2022.

Semua isu tersebut akan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui pernyataan nasional. Jokowi yang akan hadir secara virtual pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum PBB pada 22 September 2021 waktu New York, Amerika Serikat.

Editor : Anton Suhartono