Sidang Umum PBB, Presiden Afrika Selatan Singgung Peran Dewan Keamanan

Kurnia Illahi ยท Rabu, 23 September 2020 - 04:31:00 WIB
Sidang Umum PBB, Presiden Afrika Selatan Singgung Peran Dewan Keamanan
Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Selasa (22/9/2020) waktu setempat. (Foto: AFP).

NEW YORK, iNews.id - Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Selasa (22/9/2020) waktu setempat. Dalam pidatonya dia menyinggung tentang peran perwakilan Afrika di Dewan Keamanan PBB.

Pidato Ramaphosa yang merupakan pemegang kepemimpinan bergilir badan kontinental, Uni Afrika itu disampaikan secara virtual dalam Sidang Majelis Umum PBB.

"Kami mengulangi seruan untuk perwakilan yang lebih besar dari negara-negara Afrika di Dewan Keamanan dan ini akan ditanggapi dengan urgensi pada negosiasi antarpemerintah. Hanya melalui Dewan Keamanan PBB yang direformasi dan inklusif kita akan dapat secara kolektif menyelesaikan beberapa konflik dunia yang paling berkepanjangan," ujarnya seperti dikutip dari AFP.

Pada kesempatan itu dia juga menyerukan paket stimulus komprehensif untuk negara-negara Afrika, pembekuan pembayaran bunga utang luar negeri untuk negara-negara Afrika di tengah menghadapi wabah Covid-19.

Sedikitnya, lebih dari 660.000 kasus dan hampir 16.000 kematian karena hilangnya dana yang dialokasikan untuk mengatasi wabah Covid-19.

"Kita harus secara tegas menangani pembusukan korupsi yang merampok orang-orang kami dari kesempatan dan layanan yang merupakan hak mereka," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi