Singapura Tangkap Warganya yang Pernah Jadi Mata-Mata China di AS

Anton Suhartono ยท Rabu, 30 Desember 2020 - 14:02:00 WIB
Singapura Tangkap Warganya yang Pernah Jadi Mata-Mata China di AS
Singapura menangkap seorang warganya yang pernah ditahan di AS karena menjadi mata-mata China (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Otoritas Singapura menangkap seorang warganya yang pernah dipenjara di Amerika Serikat (AS) atas tuduhan menjadi mata-mata untuk China.

Pria bernama Dickson Yeo itu ditangkap begitu tiba di Singapura, Rabu (30/12/2020), setelah menyelesaikan hukuman penjara 14 bulan di AS.

Departemen Keamanan Dalam Negeri Singapura (ISD) menyatakan, otoritas akan menyelidiki apakah keberadaan Yeo menimbulkan risiko keamanan bagi negara atau tidak.

"Singapura tidak akan membiarkan warganya dimanfaatkan atau digunakan oleh aktor asing untuk kegiatan yang merugikan keamanan dan kepentingan nasional kami," bunyi pernyataan ISD, dikutip dari Reuters.

"Pemerintah memandang sangat serius setiap warga Singapura yang diam-diam menjalin hubungan dengan pemerintah asing dan terlibat dalam kegiatan spionase atau subversif atas perintah kekuatan asing." 

Pria 39 tahun itu akan ditangani sesuai dengan peraturan hukum di Singapura.

Sebagaimana dikutip dari The Straits Times, Yeo mengaku bersalah pada Juli 2020 karena mengirim informasi sensitif yang didapat dari warga AS ke pejabat intelijen China. Dia menjalani hukuman beberapa bulan di AS dipotong masa tahanan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2