Situasi di Selat Taiwan Memanas, Begini Peringatan ASEAN

Umaya Khusniah ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 20:08:00 WIB
Situasi di Selat Taiwan Memanas, Begini Peringatan ASEAN
Bendera negara-negara ASEAN (Foto: Twinsterphoto/Elements Envato)

PHNOMPENH, iNews.id - ASEAN memperingatkan adanya risiko yang disebabkan oleh ketegangan di Selat Taiwan. Organisasi geopolitik itu pun siap memainkan peran konstruktif dalam memfasilitasi dialog damai antara semua pihak. 

Dalam pernyataannya, ASEAN mengatakan ketegangan di Selat Taiwan itu bisa memicu salah perhitungan, konfrontasi serius, konflik terbuka, dan konsekuensi tak terduga di antara negara-negara besar. 

"ASEAN mendesak pengekangan maksimum dan agar semua pihak menahan diri dari provokasi," katanya. 

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara itu menjadi tuan rumah pertemuan menteri luar negeri dari 27 negara. Pertemuan yang digelar di Kamboja itu dilatarbelakangi perkembangan di sekitar Taiwan menyusul kunjungan ketua DPR AS Nancy Pelosi sebelumnya.

Perjalanan Pelosi merupakan kunjungan pejabat tertinggi AS ke Taiwan. Kunjungan itu telah memicu kemarahan di China yang lantas menggelar latihan militer dan aktivitas lain di daerah tersebut sebagai respon.

Dilansir dari Reuters, negara-negara Asia Tenggara cenderung melangkah dengan hati-hati untuk menyeimbangkan hubungan dengan China dan Amerika Serikat. Negara-negara ini waspada terhadap kemarahan salah satu kekuatan utama dunia tersebut.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda