Sosok Muna Al Kurd, Perempuan Ikon Perjuangan Palestina yang Ditangkap Israel

Anton Suhartono ยท Minggu, 06 Juni 2021 - 18:28:00 WIB
Sosok Muna Al Kurd, Perempuan Ikon Perjuangan Palestina yang Ditangkap Israel
Muna Al Kurd (Foto: Twiter)

JAKARTA, iNews.id - Tentara Israel menangkap Muna Al Kurd, perempuan muda ikon perjuangan Palestina terhadap pendudukan pemerintahan Zionis, Minggu (6/6/2021).

Nama perempuan 23 tahun itu semakin berkibar sejak pengadilan Israel memutus untuk menggusur permukiman warga Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur. Bukan karena dia termasuk salah satu dari keluarga yang terancam digusur, namun sikap kritisnya atas pendudukan Israel, bahkan sejak kecil.

Muna menamatkan sarjana di bidang komunikasi jurnalistik, sehingga punya modal kuat untuk mengampanyekan perlawanan terhadap pencaplokan tanah Palestina oleh Israel. Rupanya ini yang membuat Israel gerah karena suaranya semakin didengar dunia internasional, hingga berujung penangkapan.

Bukan hanya Muna, kakak laki-lakinya, Muhammad, juga diburu tentara Zionis. Muhammad merupakan seorang penulis yang juga mengampanyekan perlawanan terhadap pendudukan Israel.

Muna lahir dan besar di Sheikh Jarrah, sehingga tak heran punya kedekatan emosional dengan lingkungan tersebut.

Sikap perlawanan sudah dilakukannya sejak remaja, tak heran dia berkali-kali merasakan tinggal di balik jeruji tahanan Israel.

Menurut dia, perempuan Palestina lahir sebagai penentang Israel. Dalam berbagai kesempatan perempuan selalu berada di garis depan, berjuang sekuat tenaga, melawan pendudukan Israel.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3