Spanyol Lockdown Kota Madrid, Menkes: Situasinya Rumit dan Mengkhawatirkan

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 01 Oktober 2020 - 06:52:00 WIB
Spanyol Lockdown Kota Madrid, Menkes: Situasinya Rumit dan Mengkhawatirkan
Bendera Spanyol (ilustrasi). (Foto: AFP)

MADRID, iNews.id – Pemerintah Spanyol memberlakukan karantina wilayah (lockdown) secara parsial di Kota Madrid. Keputusan itu menyusul lonjakan kasus Covid-19 di ibu kota negeri matador belakangan ini.

Akan tetapi, Pemerintah Daerah Madrid justru merespons pembatasan baru oleh pemerintah pusat itu dengan marah. Pasalnya, kebijakan itu dinilai bakal memengaruhi mobilitas dan pertemuan warga.

“Situasi di Madrid rumit dan mengkhawatirkan,” ujar Menteri Kesehatan Spanyol, Salvador Illa, kepada wartawan, dikutip AFP, Kamis (1/10/2020).

Dia mengatakan, dari 11.016 kasus baru yang didiagnosis di Spanyol selama 24 jam terakhir, hampir 44 persen di antaranya berada di wilayah Madrid. “Itulah yang menjadi alasan kami setuju untuk mengadopsi langkah-langkah ini. Tetapi kami menyadari bahwa minggu-minggu yang sulit bakal terbentang di depan,” katanya.

Spanyol saat ini sedang berjuang dengan jumlah kasus baru tertinggi di Uni Eropa dengan level penularan sekitar 300 per 100.000 penduduk. Akan tetapi, khusus di wilayah Madrid, angka tersebut kini berada di lebih dari 780 per 100.000.

Pengumuman oleh menkes Spanyol itu memicu reaksi keras dari pejabat kesehatan utama Kota Madrid, Enrique Ruiz Escudero. Dia mengatakan, Pemerintah Daerah Madrid bisa menentang kebijakan baru itu lewat pengadilan. “Ini tidak dapat ditegakkan secara hukum,” katanya.

Dia mengklaim situasi di Kota Madrid sejauh ini masih “stabil”, sembari menuduh pemerintah pusat sedang mendorong pesan peringatan dan agitasi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil