Spesifikasi Tank Challenger 2 Inggris, Mampukah Kalahkan Pasukan Rusia di Ukraina?

Tika Vidya Utami ยท Rabu, 25 Januari 2023 - 16:12:00 WIB
Spesifikasi Tank Challenger 2 Inggris, Mampukah Kalahkan Pasukan Rusia di Ukraina?
Tank Challenger 2 (Foto: Kemhan Inggris via Eyepress)

JAKARTA, iNews.id - Spesifikasi tank Challanger 2 buatan Inggris menarik untuk diketahui. Negara-negara Barat berlomba mengirim tank ke Ukraina untuk digunakan berperang melawan pasukan Rusia. Jika Polandia, Belanda, bahkan Jerman mungkin mengirim tank tempur Leopard 2, Inggris mempersiapkan 14 unit Challanger 2.

Tank-tank tersebut akan dikirim ke Ukraina dalam beberapa pekan mendatang setelah menjalani peremajaan, termasuk pada sistem persenjataan.

Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak menyampaikan komitmen itu setelah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Sabtu (14/1/2023). Selain itu, kata Sunak, Inggris juga akan mengirim 30 tank AS90 serta artileri.

Pada pembicaraan melalui telepon itu Sunak mengatakan Challenger 2 merupakan tank tempur utama Angkatan Darat Kerajaan Inggris yang akan membantu pasukan Ukraina untuk memukul mundur pasukan Rusia. Inggris juga akan melatih tentara Ukraina untuk menggunakan tank serta senjata.

Tank Challenger 2 berusia lebih dari 20 tahun atau diproduksi sejak akhir 1990-an. Namun, Challenger 2 akan menjadi tank paling modern yang dimiliki Ukraina. 

Lantas seperti apa spesifikasi tank Challenger 2 Inggris? Challenger 2 merupakan tank tempur utama canggih Inggris yang dikembangkan oleh BAE Systems Land Systems. Tank beroperasi untuk Angkatan Darat Kerajaan Inggris sejak 1998. 

Kendaraan lapis baja berkapasitas empat orang itu dilengkapi dengan pelindung NBC serta sistem pencegah kebakaran otomatis. Terdapat pula Visual and Infra-Red Smoke Screening System (VIRSSS). 

Tank dilengkapi meriam L30E4 120 mm yang menembakkan beberapa jenis peluru standar NATO. Pada Januari 2004, perusahaan mendapat kontrak untuk mengembangkan meriam smoothbore 120 mm baru untuk Challenger. Di bawah kontrak tersebut, tank Challenger 2 dipersenjatai dengan meriam smoothbore Rheinmetall L55. Peluru artileri yang ditembakkan mencapai 50 butir. Mode penembakan dilakukan secara manual.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda