Staf Kerajaan Inggris Terinfeksi Corona, Ratu Elizabeth II Tinggalkan Buckingham

Anton Suhartono ยท Senin, 23 Maret 2020 - 00:05 WIB
Staf Kerajaan Inggris Terinfeksi Corona, Ratu Elizabeth II Tinggalkan Buckingham

Ratu Elizabeth II (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Seorang staf Istana Buckingham, London, Inggris, dinyatakan positif virus corona saat Ratu Elizabeth II masih tinggal di sana.

Ratu pindah ke Kastil Windsor pada Kamis setelah mengetahui staf tersebut positif terinfeksi.

Seorang sumber di Istana Buckingham mengatakan, kondisi perempuan 93 tahun baik. Belum diketahui apakah Ratu akan menjalani tes virus corona atau tidak.

Staf yang tidak disebutkan identitasnya itu mulanya mengeluh sakit dan mengalami gejala Covid-19. Setelah diperiksa pada awal pekan, dia dipastikan terinfeksi.

Belum diketahui sedekat apa staf tersebut dengan Ratu.

Setelah kejadian tersebut, semua staf Rumah Tangga Kerajaan yang berhubungan dengan penderita langsung menjalani karantina mandiri.

"Staf itu dites positif sebelum Ratu pindah ke Windsor. Tapi Istana memiliki 500 staf. Jadi, seperti di tempat kerja yang lain, itu bisa berdampak dalam beberapa tahap,” kata sumber, menunjukkan kecil kemungkinan Ratu terpapar langsung, dikutip dari The Sun, Minggu (22/3/2020).

Diketahui staf tersebut dalam kondisi stabil di karantina.

Sementara itu Istana Buckingham enggan banyak berkomentar mengenai stafnya yang terinfeksi. Istana hanya menegaskan telah menjalankan standar prosedur untuk menangkal penularan.

“Sejalan dengan panduan, kami telah melakukan tindakan yang diperlukan untuk melindungi semua karyawan dan orang-orang yang terdampak,” kata juru bicara.

Sementara itu Ratu dan Pangeran Philip (98) kini tinggal di Windsor sampai waktu yang belum ditentukan.

Rencananya, Ratu Elizabeth II akan menyampaikan pidato pengarahan hari ini terkait wabah corona yang disiarkan langung di televisi.

Editor : Anton Suhartono