Stres Unjuk Rasa di Hong Kong Tak Kunjung Usai, Pasutri Bunuh Diri Loncat dari Apartemen

Anton Suhartono ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 11:03 WIB
Stres Unjuk Rasa di Hong Kong Tak Kunjung Usai, Pasutri Bunuh Diri Loncat dari Apartemen

Apartemen K11, tempat pasutri bunuh diri (Foto: SCMP)

HONG KONG, iNews.id - Perempuan dan laki-laki tewas setelah loncat dari kamar mereka di apartemen Tsim Sha Tsui, Hong Kong, Rabu (15/1/2020).

Pasangan suami istri (pasutri) tersebut ditemukan di lantai 4, depan kafe yang juga difungsikan sebagai pusat perbelanjaan K11 Musea, sekitar pukul 10.45 waktu setempat.

Sumber di kepolisian Hong Kong menyebut, pasangan pemegang paspor Inggris itu melakukan bunuh diri.

Petugas menemukan dua catatan bunuh diri di kamar mandi apartemen K11 Artus. Catatan ditulis masing-masing dalam bahasa China dan Inggris. Isinya ungkapan kesedihan pasangan itu terkait unjuk rasa antipemerintah yang sedang berlangsung.

Mereka juga menentang RUU ekstradisi yang sudah dicabut. Sang perempuan diketahui juga memiliki kartu identitas Hong Kong.

Selain itu, ditemukan pula bubuk putih di atas meja yang setelah diteliti merupakan kokain.

"Kami yakin kedua korban jatuh pada Rabu dini hari saat kafe masih tutup, dan jasad mereka ditemukan saat staf tiba," kata sumber itu, seperti dikutip dari South China Morning Post, Kamis (16/1/2020).

Polisi masih mendalami kasus ini dengan memeriksa rekaman CCTV. Sejauh ini petugas mengenyampingkan unsur kriminal.

"Kami menduga itu adalah bunuh diri. Penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk memastikannya," ujar sumber.

Hong Kong diguncang unjuk rasa prodemokrasi selama 7 bulan, awalnya dipicu oleh penolakan terhadap RUU ekstradisi. Namun setelah RUU dicabut tuntutan massa meluas seperti penyelidikan independen atas kekerasan yang dilakukan polisi terhadap demonstran serta penerapan demokrasi lebih luas, seperti dalam pemilihan pemimpin Hong Kong.

Editor : Anton Suhartono