Suami Dibunuh Harimau, 3.000 Perempuan di Desa Ini Menjadi Janda

Djairan ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 16:51:00 WIB
Suami Dibunuh Harimau, 3.000 Perempuan di Desa Ini Menjadi Janda
Harimau benggala. (Foto: iNews/Yuwono)

NEW DELHI, iNews.id – Setidaknya 3.000 perempuan yang tinggal di sebuah desa di Distrik 24 Pargana Selatan, India, menjadi janda karena suami mereka dibunuh harimau. Para suami di desa itu diserang harimau saat masuk ke dalam hutan untuk mencari ikan, kepiting, dan mengumpulkan madu.

Presiden organisasi Forum Dakshinbanga Matsyajibi (DMF), Pradip Chatterjee mengatakan, setidaknya ada 60 kematian akibat serangan harimau di daerah itu sejak April 2020. Jika ditotal dengan kasus kematian dari tahun-tahun sebelumnya, sudah ada sekitar 3.000 pria di desa itu yang dimangsa harimau.

“Mereka (para istri yang ditinggalkan) tidak berani meminta kompensasi kepada pemerintah karena takut dihukum, karena suami mereka bekerja di lokasi ilegal. Mereka bahkan takut melaporkan kematian itu,” ujar Chatterjee, dikutip The Sun, Rabu (24/2/2021).

Para kepala keluarga kembali ke desa tersebut setelah merantau ke kota-kota besar sebagai buruh. Bekerja di hutan tersebut, kata Chatterjee, dapat menghasilkan hingga 700 rupee (Rp135.000) per hari, tiga kali lipat lebih banyak dari upah bekerja di kota.

Namun, hutan di desa itu adalah area terlarang, tempat di mana banyak terdapat harimau benggala yang terancam punah. Lokasi tersebut terdiri atas hutan bakau, tempat yang menjadi habitat penting bagi kucing besar tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: