Tabrakan Bus dan Truk Tangki Bahan Bakar di Iran Tewaskan 19 Orang

Anton Suhartono ยท Selasa, 18 September 2018 - 13:31:00 WIB
Tabrakan Bus dan Truk Tangki Bahan Bakar di Iran Tewaskan 19 Orang
Ilustrasi kecelakaan bus dan truk tangki di Iran (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Kecelakaan maut antara bus dan truk tangki bahan bakar di Iran, Senin (18/9/2018) malam waktu setempat, menyebabkan setidaknya 19 orang tewas.

Bus dan truk tangki bertabrakan sekitar pukul 23.15 menimbulkan ledakan dahsyat disertai bola api besar. Lokasi kecelakaan berada di antara Kota Kashan dan Natanz, sekitar 200 kilometer sebelah selatan Teheran.

"Berdasarkan penyelidikan awal, truk tangki membelok ke samping hingga menabrak bus, menyebabkan ledakan dan kebakaran yang menewaskan 19 penumpang di lokasi," kata komandan kepolisian lalu lintas, Mohammad Hossein Hamidi, dikutip dari AFP, Selasa (18/9/2018).

Siaran televisi pemerintah menunjukkan, pemadam kebakaran harus berjuang keras memadamkan api, sementara petugas medis mengevakuasi para penumpang yang luka ke rumah sakit.

Kasus kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Iran termasuk yang tertinggi di dunia. Kementerian kesehatan menyebut, sekitar 16.300 orang tewas pada tahun lalu (berdasarkan sistem penanggalan Iran satu tahun penuh berakhir pada Maret) dan 336.000 lainnya mengalami luka.

Penyebab kecelakaan di antaranya adalah pengemudi yang sembrono, kualitas jalan yang buruk, terutama di daerah pegunungan, serta perawatan kendaraan yang buruk akibat sanksi di bidang otomotif dari Amerika Serikat dan negara Barat lainnya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: