Tabrakan Kendaraan Milter AS dengan Mobil Tewaskan 4 Warga Korsel, Latihan Militer Ditunda

Anton Suhartono ยท Senin, 31 Agustus 2020 - 16:56:00 WIB
Tabrakan Kendaraan Milter AS dengan Mobil Tewaskan 4 Warga Korsel, Latihan Militer Ditunda
Mobil SUV menabrak bagian belakang kendaraan lapis baja militer AS di Korsel menewaskan empat orang (Foto: Stripes)

SEOUL, iNews.id - Komando militer Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel) menangguhkan latihan setelah empat warga tewas dalam kecelakaan antara kendaraan lapis baja dengan mobil sipil, Minggu (30/8/2020) malam.

Departemen pemadam kebakaran menyatakan, kendaraan tempur AS bertabrakan dengan mobil sport utility vehicle (SUV) sekitar pukul 21.30 waktu setempat di jalan umum sekitar 5 kilometer dari tempat latihan tembak bersama militer AS dan Korsel di Pocheon.

Semua orang yang menaiki SUV yakni empat orang tewas, sementara seorang tentara AS menderita luka ringan.

Pasukan AS-Korea (USFK) menyatakan, kendaraan lapis baja yang terlibat kecelakaan merupakan milik Divisi Infanteri ke-2-ROK/AS, divisi gabungan berisi tentara dari kedua negara yang dipimpin seorang komandan AS dan wakil dari Korsel.

"USFK menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga dan orang yang dicintai setelah kecelakaan tragis ini. Mereka ada dalam perhatian dan doa kami," demikian pernyataan komando, dikutip dari Reuters, Senin (31/8/2020).

"Untuk menghormati para korban tewas dan keluarga, Pasukan Kedelapan menangguhkan latihan di daerah itu untuk sementara."

Usai kecelakaan, dua tentara AS yang berada di kendaraan lapis baja sempat diperiksa namun sudah kembali bertugas.

Sementara itu foto dan video menunjukkan bagian depan SUV ringsek akibat menabrak bagian belakang kendaraan lapis baja.

Saat ini sekitar 28.500 tentara AS ditugaskan di Korsel, mempertahankan kehadiran militer Negeri Paman Sam sejak Perang Korea yang berlangsung antara 1950-1953.

Editor : Anton Suhartono