Taiwan: China Bermimpi untuk Meniru Taliban

Ahmad Islamy Jamil · Sabtu, 21 Agustus 2021 - 14:39:00 WIB
Taiwan: China Bermimpi untuk Meniru Taliban
Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu. (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.idTaiwan pada Sabtu (21/8/2021) ini menuduh China hendak “meniru” Taliban. Pasalnya, Beijing terus berusaha menjatuhkan pemerintahan yang sah di Taipei karena mengklaim negara pulau itu sebagai bagian dari Tiongkok. 

“China bermimpi untuk meniru Taliban. Tetapi izinkan saya berterus terang: kami memiliki kemauan dan sarana untuk membela diri,” ungkap Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, lewat Twitter, akhir pekan ini.

Seperti diketahui, Pemerintah Afghanistan yang didukung Amerika Serikat telah dijatuhkan Taliban pekan lalu. Kejatuhan Kabul yang berlangsung cepat itu kemudian memicu perdebatan sengit di Taiwan. Publik di negara pulau itu bertanya-tanya, apakah mereka bakal mengalami nasib yang sama dengan invasi China. 

Sementara, media milik pemerintah di China menyebut nasib Kabul saat ini justru menjadi bukti bahwa Taiwan tidak dapat menaruh kepercayaan kepada Amerika Serikat.

Namun, Wu menegaskan, Taiwan tidak ingin menjadi sasaran komunisme atau kejahatan terhadap kemanusiaan. Dia pun menyatakan terima kasihnya kepada Amerika Serikat karena selalu menjunjung tinggi keinginan dan kepentingan terbaik rakyat Taiwan.

“Itu termasuk (dukungan kepada) demokrasi dan kebebasan dari komunisme, otoritarianisme, dan kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Wu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: