Tak Hanya Presiden Macron, Berikut Daftar Tokoh Dunia yang Diserang di Tempat Umum

Umaya Khusniah ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 10:23:00 WIB
Tak Hanya Presiden Macron, Berikut Daftar Tokoh Dunia yang Diserang di Tempat Umum
Presiden Prancis, Emmanuel Macron saat insiden penamparan yang dilakukan oleh seorang warga. (Foto: Reuters)

DUBAI, iNews.id - Publik kembali dihebohkan dengan penyerangan terhadap tokoh politik atau pemimpin negara saat berada di tempat umum. Baru-baru ini, Presiden Prancis Emmanuel Macron ditampar wajahnya saat jalan-jalan. 

Peristiwa seperti ini tidak hanya menimpa Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Dikutip dari Khaleejtimes, berikut beberapa tokoh dunia yang mengalami penyerangan saat berada di tempat umum. 

1. Mantan Presiden AS, George W Bush
Bush diserang oleh jurnalis Irak, Muntazer Al Zaidi pada tahun 2008. Zaidi melemparkan sepatunya ke arah Bush, usai presiden tersebut memerintahkan invasi ke Irak. Saat itu, Bush berupaya menghindari lemparan tersebut.

2. Mantan Perdana Menteri Italia, Silvia Berlusconi
Dia mendapat serangan di Milan saat aksi unjuk rasa. Akibat serangan itu, dia kehilangan banyak darah. Dia juga kehilangan dua gigi dan mengalami patah hidung. 

3. Presiden sayap kanan Brasil, Jair Bolsonaro
Dia ditikam seseorang saat kampanye pemilihan 2018. Sementara pelakunya masuk ke rumah sakit jiwa. 

4. Mantan Kanselir Jerman, Helmut Kohl
Dia terlibat baku hantam dengan demonstran dan harus ditahan oleh penjaga keamanan. Sebelumnya, dia dilempari telur, tomat, dan cat saat berjalan-jalan di Halle di Jerman timur pada tahun 1991.

5. Mantan Wakil Perdana Menteri Inggris, John Prescott
Dia dengan cepat menggunakan tinjunya ketika dilempari telur pada tahun 2001. Sementara pelaku pelemparan merupakan seorang pekerja pertanian yang tengah melakukan protes.

6. Senator Australia, Fraser Anning 
Seorang warga Australia Will Connolly (17) memecahkan sebutir telur di kepala Anning akibat komentar ofensifnya tentang serangan masjid Christchurch pada 2019. Connolly bahkan disebut pahlawan akibat aksinya tersebut. Fraser Anning membalas dengan menangkap remaja itu - yang kemudian menjulukinya 'Eggboy' dengan dua pukulan cepat ke wajah.

Editor : Umaya Khusniah