Taliban Izinkan Siswa Laki-Laki Sekolah Menengah Lanjutkan Pendidikan

Umaya Khusniah · Sabtu, 18 September 2021 - 16:35:00 WIB
Taliban Izinkan Siswa Laki-Laki Sekolah Menengah Lanjutkan Pendidikan
Siswi di Afghanistan mulai bersekolah. (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id - Taliban mengumumkan semua sekolah menengah di Afghanistan dibuka pada Sabtu (18/9/2021). Sayangnya, mereka hanya menyebut siswa laki-laki yang diizinkan ke sekolah. 

Perintah itu berlaku untuk siswa dan guru laki-laki dari kelas enam ke atas. 

"Semua sekolah menengah dan madrasah formal telah diberitahu tentang dimulainya proses pendidikan mereka pada 18 September. Semua guru dan siswa laki-laki harus menghadiri lembaga pendidikan mereka," kata Taliban, Jumat (17/9/2021).
  
Dalam pernyataan tersebut, Taliban tidak menyebutkan kapan sekolah menengah untuk perempuan akan dibuka. Sebelumnya, anak perempuan di kelas satu sampai enam telah diizinkan untuk melanjutkan sekolah. 

Pejabat pemerintah sebelumnya mengatakan wanita di Afghanistan dapat mengejar pendidikan di semua tingkatan di bidang apa pun. Meski demikian, kelas akan dipisahkan dan ada aturan berpakaian yang wajib dilakukan.

Dulu, saat Taliban berkuasa pada tahun 1996-2001, Taliban tidak mengizinkan anak perempuan bersekolah. 

Setelah mereka mengambil alih kekuasaan di Afghanistan bulan lalu, Taliban telah membentuk pemerintah sementara yang beranggotakan 33 orang, yang belum diakui oleh masyarakat internasional. .​​​​

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: