Susul Menlu, Menhan Belanda Mundur Gara-Gara Pengungsi Afghanistan

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 September 2021 - 21:46:00 WIB
Susul Menlu, Menhan Belanda Mundur Gara-Gara Pengungsi Afghanistan
Ank Bijleveld mengundurkan diri sebagai menhan Belanda terkait penanganan pengungsi Afghanistan (Foto: Reuters)

AMSTERDAM, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Belanda Ank Bijleveld menyusul rekannya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Sigrid Kaag, mengundurkan diri. Bijleveld mundur pada Jumat (17/9/2021) dengan alasan yang sama yakni terkait penanganan evakuasi pengungsi Afghanistan.

Mayoritas parlemen Belanda pada Kamis lalu menilai kedua menteri itu harus bertanggung jawab atas lambannya respons terhadap Taliban serta gagal dalam mempersiapkan evakuasi yang aman bagi ribuan warga Afghanistan memenuhi syarat untuk mendapatkan suaka di Belanda.

Bijleveld pada awalnya bersikeras menolak mundur namun berubah pikiran sehari kemudian. Dia juga mendapat kritikan keras dari rekan-rekan partainya di parlemen, Partai Kristen Demokrat, soal penanganan pengungsi.

"Saya ingin menyelesaikan misi kami membawa mereka yang masih berada di Afghanistan serta mereka yang mengandalkan kami untuk dibawa ke tempat aman. Tapi posisi saya sudah menjadi bahan diskusi dan saya tidak ingin menghalangi tugas penting orang-orang yang bekerja untuk saya," kata Bijleveld, dikutip dari Reuters.

Anggota parlemen dari semua kelompok politik kompak mengkritik kinerja Kaag dan Bijleveld.

Pesawat militer Belanda mengevakuasi sekitar 2.100 orang dari Afghanistan ke negara tetangga selama 2 pekan pada Agustus. Sebanyak 1.700 di antaranya menjadikan Belanda sebagai tujuan akhir.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: