Taliban Pakistan Serbu Pos Militer, 1 Tentara Tewas

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 09:25:00 WIB
Taliban Pakistan Serbu Pos Militer, 1 Tentara Tewas
Tentara Pakistan. (Foto: Reuters)

ISLAMABAD, iNews.id - Kelompok militan menyerang pos tentara di barat laut Pakistan. Dalam baku tembak yang sengit, seorang tentara tewas

Serangan terjadi di Bannu, sebuah distrik di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, Jumat (14/1/2022) dini hari. Kawasan ini berbatasan dengan Afghanistan. 

Militer Pakistan mengatakan, baku tembak terjadi di antara ke dua pihak. Namun tidak diketahui apakah ada korban di pihak penyerang.  

Kelompok Taliban Pakistan mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Klaim tanggung jawab mereka diposting di Twitter, namun tak menjelaskan lebih lanjut. 

Pada hari yang sama, pasukan Pakistan menyerbu tempat persembunyian gerilyawan di kota barat laut Miran Shah. Dalam penyerbuan, seorang gerilyawan tewas dan dua tertangkap.

Kelompok gerilyawan sering menargetkan pos keamanan. Sementara pasukan secara rutin melakukan serangan di tempat persembunyian gerilyawan. 

Kekerasan terbaru terjadi sehari setelah Taliban Pakistan mengkonfirmasi pembunuhan pada akhir pekan di Afghanistan terhadap mantan juru bicara kelompok itu. Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP) atau dikenal dengan Taliban Pakistan bersumpah untuk membalas pembunuhan itu. 

Taliban Pakistan merupakan organisasi terpisah dari Taliban Afghanistan. Pada bulan November, Pakistan mengumumkan gencatan senjata selama sebulan dengan TTP. Kelompok ini berada di balik sejumlah serangan terhadap pasukan keamanan dan warga sipil selama 14 tahun terakhir.

Gencatan senjata berakhir pada 9 Desember. Sejak itu, kelompok itu telah melanjutkan serangan, sebagian didorong oleh pengambilalihan Taliban atas negara tetangga Afghanistan.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda