Taliban Tunjuk Wakil-Wakil Menteri dalam Kabinet, Tak Ada Perempuan

Umaya Khusniah · Selasa, 21 September 2021 - 15:29:00 WIB
Taliban Tunjuk Wakil-Wakil Menteri dalam Kabinet, Tak Ada Perempuan
Pasukan Taliban berjaga sehari setelah penarikan pasukan AS dari bandara internasional Hamid Karzai di Kabul. (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id - Taliban telah menunjuk wakil-wakil menteri dalam kabinetnya, Selasa (21/9/2021). Sayang, tak ada perempuan dalam jajaran wakil menteri tersebut. 

Juru bicara pemerintah Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, para wakil menteri terpilih telah mewakili semua kalangan termasuk anggota etnis minoritas, seperti Hazara. Sementara untuk para perempuan, mungkin akan ditambahkan kemudian.

Komunitas internasional akan menilai Taliban dari tindakan yang mereka ambil. Pengakuan terhadap pemerintah yang dipimpin Taliban juga akan dikaitkan dengan perlakuan terhadap perempuan dan minoritas.

Sebagai informasi, pemerintahan Taliban pada akhir 1990-an melarang anak perempuan dan perempuan pergi ke sekolah, bekerja, dan tampil di ranah publik.

Dilansir dari Associated Press (AP), Mujahid menyatakan kemarahannya pada dunia internasional terkait pengakuan pada pemerintahan Taliban di Afghanistan.

“Adalah tanggung jawab Perserikatan Bangsa-Bangsa dan negara-negara lain untuk mengakui pemerintah kami. Termasuk negara-negara Eropa, Asia dan Islam, untuk memiliki hubungan diplomatik dengan kami,” katanya.

Taliban telah menyebut kabinet mereka saat ini sebagai pemerintahan sementara. Nantinya, masih akan ada perubahan yang mungkin dilakukan. Tetapi mereka belum mengatakan terkait ada tidaknya pemilihan umum.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: