Tawaf Wada Selesai, Jamaah Haji Jalani Karantina 14 Hari

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 01:23 WIB
Tawaf Wada Selesai, Jamaah Haji Jalani Karantina 14 Hari

Jamaah haji saat menunaikan tawaf qudum, Rabu (29/7/2020) lalu. (Foto: AFP)

MAKKAH, iNews.id – Jamaah haji di Arab Saudi telah selesai menunaikan tawaf wada atau tawaf perpisahaan, Minggu (2/8/2020). Setelah berjalan mengelilingi Kakbah tujuh kali di hari terakhir haji tahun ini, rampung sudah mereka menjalankan Rukun Islam yang kelima.

Pada saat melakukan tawaf wada, jamaah haji memasuki Masjid al-Haram melalui pintu-pintu yang telah ditunjuk. Mereka diharuskan mengikuti jalur khusus yang ditandai untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) hingga ke area tawaf. Jamaah kemudian mulai mengelilingi yang dibagi menurut kelompok masing-masing.

Setelah semuanya selesai, sebagian jamaah akan diangkut ke hotel untuk isolasi diri. Sementara sebagian yang lain akan kembali ke kota asal mereka dan juga harus dikarantina di sana selama 14 hari, menurut koresponden Alarabiyah.

Dalam kondisi normal, haji diikuti lebih dari 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia setiap tahun. Akan tetapi, tahun ini, jamaah dibatasi maksimal 10.000 orang karena pandemi virus corona (Covid-19). Dari jumlah itu, 70 persen adalah jamaah asing dan sisanya warga lokal.

Semua jamaah diharuskan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak sosial, selama pelaksanaan haji yang berlangsung 5 hari di kota suci Makkah dan sekitarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil