Tegang, Rusia Ancam Ledakkan Kapal Perang Inggris Buntut Insiden di Laut Hitam

Anton Suhartono ยท Kamis, 24 Juni 2021 - 21:50:00 WIB
Tegang, Rusia Ancam Ledakkan Kapal Perang Inggris Buntut Insiden di Laut Hitam
HMS Defender (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia mengancam akan meledakkan kapal perang Inggris jika melakukan aksi provokasi lagi. Kemlu Rusia memanggil Duta Besar Inggris di Moskow, Deborah Bronnert, Kamis (24/6/2021), guna menyampaikan protes diplomatik terkait insiden di Laut Hitam.

Menurut kemlu, Inggris melakukan aksi berbahaya di Laut Hitam.

"Kami bisa meminta penjelasan yang masuk akal, menuntut penghormatan atas hukum internasional dan jika itu tidak berhasil, kami bisa mengebom," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov.

Dia menegaskan, jika aksi provokasi berulang maka bom tak akan dijatuhkan di jalur kapal perang, tapi tepat pada sasaran.

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Rusia menyebut kapal Angkatan Laut memberikan tembakan peringatan ke arah HMS Defender di dekat peraian Krimea karena melanggar wilayah. Selain itu jet tempur Rusia juga menembakkan bom di rute yang akan dilalui HMS Defender sebagai pencegahan.

Krimea merupakan wilayah yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014, langkah yang ditentang negara Barat. 

Namun Kementerian Pertahanan Inggris membantah HMS Defender menjadi sasaran tembakan. Tidak ada tembakan peringatan maupun bom yang dijatuhkan di jalur kapal perusak tersebut.

Inggris juga menyatakan, Rusia memberikan laporan yang tidak akurat tentang insiden itu. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2