Tentara India Bombardir Perkampungan Kashmir Wilayah Pakistan, 1 Anak Perempuan Tewas

Anton Suhartono ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 16:21 WIB
Tentara India Bombardir Perkampungan Kashmir Wilayah Pakistan, 1 Anak Perempuan Tewas

Tentara India membombardir perkampungan Kashmir di wilayah Pakistan (Foto: AFP)

MUZAFFARABAD, iNews.id - Tentara India membombardir beberapa perkampungan di Kashmir yang masuk wilayah Pakistan, Sabtu (20/6/2020) malam.

Akibatnya satu anak perempuan berusia 13 tahun tewas. Serangan artileri itu juga melukai ibu serta kakak laki-laki anak tersebut.

Serangan artileri India menghancurkan beberapa rumah.

Dalam pernyataan seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (21/6/2020), militer Pakistan menyebut India telah melanggar perjanjian gencatan senjata dengan menyerang perkampungn Hajipir dan Bedori.

Militer Pakistan merespons serangan tersebut dengan tembakan balasan, namun tak dijelaskan dampaknya.

Sementara itu polisi India menyalahkan Pakistan sebagai pihak yang lebih dulu melepaskan tembakan. Serangan Pakistan diklaim melukai lima warga sipil di Kashmir wilayah India.

Konflik di perbatasan pegunungan Himalaya melibatkan persenjataan berat sering terjadi antara kedua negara dan warga sipil menjadi korbannya.

Sebelumnya, tentara India menembak mati empat warga sipil Kashmir yang berada di wilayah Pakistan.

Tensi di Kashmir semakin memanas sejak Perdana Menteri Narendra Modi mencabut status otonomi khusus wilayah berpenduduk mayoritas muslim itu yang sudah diberlalukan puluhan tahun.

Sejak mendapat kemerdekaan dari Inggris pada 1947, Pakistan dan India sudah dua kali terlibat perang besar terkait Kashmir.

Editor : Anton Suhartono