Tentara Israel Tembaki Warga Palestina di Perbatasan Gaza

Anton Suhartono ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 07:24:00 WIB
Tentara Israel Tembaki Warga Palestina di Perbatasan Gaza
Tentara Israel menembak warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza (Foto: Reuters)

GAZA, iNews.id - Tentara Israel menembaki warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza, Selasa (15/6/2021). Penembakan berlangsung sebelum jet-jet tempur Israel membombardir Gaza.

Dikutip dari Anadolu, Rabu (16/6/2021), seorang warga Palestina terluka akibat tembakan tentara Israel di perbatasan. Dia ditembak di bagian kaki dan dilarikan ke rumah sakit.

Sebelum itu, pasukan Israel juga menembaki sekelompok pemuda Palestina di dekat perbatasan Khan Yunis. Tidak ada laporan korban dalam serangan tersebut.

Serangan di perbatasan tak lepas dari ketegangan yang terjadi di Yerusalem pada hari yang sama. Ribuan warga Israel pendukung sayap kanan melakukan pawai bendera. Awalnya, pawai direncanakan tak memasuki wilayah muslim Palestina di Kota Tua maupun Gerbang Damaskus, namun rute berubah pada menit-menit terakhir.

Hamas, selaku kelompok perjuangan Palestina yang menguasai Gaza, berkali-kali memperingatkan Israel soal pawai tersebut.

Pada Rabu dini hari Israel kembali membombardir Gaza dengan dalih merespons serangan balon api yang membakar area terbuka di perbatasan.

Militer Israel mengklaim serangan jet tempur itu menghancurkan gudang persenjataan Hamas di Gaza City maupun Khan Yunis.

Ini merupakan serangan udara Israel pertama sejak gencatan senjata pertempuran 11 hari pada 21 Mei lalu, dimediasi oleh Mesir.

Editor : Anton Suhartono