Tentara Nigeria Tembaki Demonstran Tewaskan 10 Orang, Lagos seperti Kota Hantu

Anton Suhartono ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 07:35:00 WIB
Tentara Nigeria Tembaki Demonstran Tewaskan 10 Orang, Lagos seperti Kota Hantu
Amnesty International menyebut setidaknya 10 orang tewas dalam demonstrasi di Lagos, Nigeria (Foto: AFP)

LAGOS, iNews.id - Suasana ibu Kota Nigeria, Lagos, seperti kota mati pascapenembakan terhadap demonstran pada Selasa malam lalu. Amnesty International menyebut sedikitnya 10 orang tewas akibat kebrutalan militer itu.

Tidak ada yang tersisa di lokasi unjuk rasa damai mendorong pemerintahan lebih baik, kecuali pecahan kaca dan grafiti yang mengecam kekerasan polisi.

Sehari setelah insiden, tentara dan polisi memegang kendali keamanan di Lagos.

Kota terbesar di Afrika yang biasanya ramai dengan berbagai aktivitas kini seperti kota hantu. Ruang gerak sekitar 20 juta dibatasi dan mereka harus menjalani jam malam yang diberlakukan pihak berwenang.

Catatan Amnesty International menyebutkan, serangan terhadap sekitar 1.000 demonstran menyebabkan sedikitnya 10 orang tewas di Lagos. Dua lainnya tewas di lokasi unjuk rasa lainnya serta menyebabkan ratusan orang luka.

"Kami tidak punya tongkat, senjata, tidak ada apa-apa, semua yang kami pegang hanya bendera," kata pengunjuk rasa, Larry Matthew, dikutip dari AFP, Kamis (22/10/2020).

"Semua yang kami katakan adalah, 'damai, damai, damai', tapi tentara menolak. Sebelum kami menyadari, mereka mematikan kamera kemudian mematikan lampu dan mulai menembaki secara sporadis," ujarnya, menambahkan.


Editor : Anton Suhartono