Terduga Pembunuh Khashoggi Tewas Kecelakaan di Saudi

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:47 WIB
Terduga Pembunuh Khashoggi Tewas Kecelakaan di Saudi

Jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi. (Foto: AFP)

ISTANBUL, iNews.id - Surat kabar Turki melaporkan, salah satu terduga dalam kasus hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, tewas dalam 'kecelakaan mobil mencurigakan' di Riyadh, Saudi. Terduga yang tewas itu diketahui merupakan personel Angkatan Udara Kerajaan Saudi.

Dilaporkan media Turki, Hurriyet Daily News, Jumat (19/10/2018), kabar soal kecelakaan mencurigakan itu dilaporkan oleh surat kabar lokal berbahasa Turki, Yeni Safak, yang mengutip sejumlah sumber yang mengetahui kecelakaan itu.

Belum ada komentar resmi dari otoritas Saudi maupun Turki terkait laporan ini.

Yeni Safak menyebut, terduga yang tewas dalam kecelakaan mencurigakan itu bernama Mashal Saad Al Bostani, berusia 31 tahun. Al Bostani diketahui berpangkat letnan pada Angkatan Udara Saudi.

Al Bostani disebut sebagai salah satu dari 15 warga Saudi yang secara mencurigakan datang dan pergi dari Turki pada 2 Oktober lalu, hari yang sama saat Khashoggi menghilang usai masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul.

Belasan warga Saudi itu diketahui masuk ke Konsulat Saudi pada hari yang sama.

Kolumnis harian Hurriyet, Abdulkadir Selvi, mengklaim konsul Istanbul Saudi, Mohammad Al Otaibi, bisa menjadi orang yang "dieksekusi berikutnya". Dia menyebut Putra Mahkota Mohammed bin Salman akan melakukan apa saja untuk menyingkirkan bukti.

Menurut Yeni Safak, suara Al Otaibi dapat didengar di salah satu rekaman, yang diyakini oleh otoritas Turki, saat sedang menginterogasi Khashoggi di konsulat.

Menurut laporan itu, Al Otaibi mengatakan kepada para interogator untuk 'melakukan eksekusi di luar' atau dia akan mendapat masalah. Dia juga diminta untuk tutup mulut jika ingin bisa kembali ke Arab Saudi.

Al Otaibi kembali ke Saudi pada 16 Oktober sebelum kediamannya di Istanbul digeledah oleh polisi selama lebih dari delapan jam pada 17 dan 18 Oktober.

Lebih lanjut, Yeni Safak dalam laporannya menyatakan sumber-sumber yang dikutipnya tidak memberikan informasi lebih lanjut, seperti soal waktu dan lokasi, terkait kecelakaan mobil misterius yang menewaskan Al Bostani.

Peranan Al Bostani dalam kasus Khashoggi juga masih belum jelas.

Khashoggi (60) yang merupakan jurnalis The Washington Post, menghilang usai masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Turki mengklaim Khashoggi dibunuh dengan di Konsulat Saudi. Saudi berulang kali membantah terlibat kasus ini.

Namun laporan berbagai media, yang mengutip sumber-sumber pejabat Turki, menyebut adanya bukti rekaman audio dan video yang menunjukkan Khashoggi disiksa dan dibunuh secara keji sesaat usai masuk ke Konsulat Saudi.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari otoritas Turki soal status Khashoggi.

Penyelidikan masih terus dilakukan oleh Kepolisian Turki, yang sudah dua kali menggeledah Konsulat Saudi.

Kepolisian Turki juga menyisir hutan untuk mencari jejak tubuh Khashoggi yang diuduga dibuang. Mereka kini diketahui menyelidiki 15 warga Saudi yang dicurigai terlibat kasus Khashoggi.

Identitas para terduga belum dirilis secara resmi oleh Turki. Namun beberapa nama para terduga telah dibeberkan oleh media-media Turki.

Editor : Nathania Riris Michico