Terekam Kamera, Crane Pelabuhan Ambruk Tewaskan 10 Pekerja di India

Anton Suhartono ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 06:40 WIB
Terekam Kamera, Crane Pelabuhan Ambruk  Tewaskan 10 Pekerja di India

Crane ambruk di pelabuhan galangan kapal Visakhapatnam, India, menewaskan 10 pekerja (Screengrab: ANI/Twitter)

VISAKHAPATNAM, iNews.id - Sedikitnya 10 orang tewas dan beberapa lainnya luka setelah crane di pelabuhan galangan kapal India, Hindustan Shipyard Limited, Negara Bagian Amdhra Pradesh, ambruk, Sabtu (1/8/2020).

Saksi mata mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.30 waktu setempat saat para pekerja menguji coba crane. Setidaknya ada 20 pekerja di tempat itu saat crane tiba-tiba rusak lalu jatuh. Dari 10 korban tewas, empat merupakan karyawan tetap dan enam lainnya pekerja kontrak.

Peristiwa ini juga terekam kamera dari telepon seluler. Tampak crane yang berjalan di atas rel itu miring ke arah kanan lalu ambruk.

"Crane dermaga berkapasitas 70 ton itu dibeli dan dioperasikan 2 tahun lalu. Para pejabat menguji kapasitas bobot mati crane saat roboh," kata pejabat distrik, V Vinay Chand, dikutip dari KT, Minggu (2/8/2020).

Para pekerja yang tewas sempat terjebak di bawah crane yang roboh. Tim penyelamat mengetahuinya dari deringan suara telepon seluler mereka dari bawah crane.

Insiden ini merupakan kecelakaan kerja mematikan ketiga di kota pelabuhan sejak Mei tahun ini, salah satunya kebocoran gas di LG Polymer yang menewaskan 12 orang.

Editor : Anton Suhartono