Tersenyum Lebar, Kim Jong Un Pantau Peluncuran Artileri Jarak Jauh Korut

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 09:51 WIB
Tersenyum Lebar, Kim Jong Un Pantau Peluncuran Artileri Jarak Jauh Korut

Dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), tampak Kim Jong Un sedang memeriksa lokasi latihan sub-unit artileri jarak jauh. (FOTO: STR / KCNA VIA KNS / AFP)

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengawasi latihan yang melibatkan artileri jarak jauh. Uji coba senjata itu dilakukan pada Senin (2/3/2020).

Kabar itu dikonfirmasi media pemerintah (KCNA), setelah Korut mengancam akan menunjukkan senjata baru.

"Kim memandu latihan pada Senin," demikian laporan KCNA, seperti dilaporkan AFP, Selasa (3/3/2020).

Korea Selatan menyatakan, Korut menembakkan apa diduga dua rudal balistik jarak pendek kemarin, namun tidak jelas apakah yag dimaksud KCNA adalah momen yang sama.

"Ketika dia memerintahkan sub-unit untuk menyalakan api, orang-orang dengan artileri jarak jauh di depan melepaskan tembakan sekaligus," lapor KCNA.

Dalam foto yang dirilis KCNA, tampak Kim mengawasi lokasi peluncuran artileri dengan memakai topi bulu dan jas panjang berwarna hitam. Dia tampak tertawa sambil memegang sebuah  teleskop.

Militer Korea Selatan menyebut, dua perangkat ditembakkan ke arah timur di laut daerah Wonsan di pantai timur Korea Utara dan terbang 240 kilometer pada ketinggian maksimum 35 kilometer.

"Mereka diyakini sebagai rudal balistik jarak pendek," kata seorang pejabat militer.

Peluncuran itu adalah yang pertama dilakukan Korut selama lebih dari tiga bulan dan terjadi ketika perundingan nuklir dengan Amerika Serikat (AS) terhenti.

Kim menyatakan pada November bahwa Korut tidak lagi menganggap dirinya terikat oleh moratorium uji coba nuklir dan balistik antarbenua, dan mengancam akan segera menunjukkan senjata strategis baru.

Editor : Nathania Riris Michico