Terungkap, 70 Pesawat China Menyusup ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korsel pada 2021

Anton Suhartono · Selasa, 04 Oktober 2022 - 14:37:00 WIB
Terungkap, 70 Pesawat China Menyusup ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korsel pada 2021
Korea Selatan mengungkap 70 pesawat militer China menyusup ke KADIZ sepanjang 2021 (Foto: Rokaf)

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) mengungkap laporan mengejutkan terkait aktivitas pesawat militer China. Disebutkan pesawat-pesawat China menyusup ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korsel (KADIZ) lebih dari 70 kali tanpa memberikan peringatan sepanjang 2021.

Kantor berita Yonhap, mengutip dokumen Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang diserahkan ke Majelis Nasional, melaporkan jumlah penyusupan pesawat China ke KADIZ sepanjang tahun lalu hampir sama dengan 2020.

Bukan hanya China, dokumen juga mengungkap pelanggaran yang dilakukan Rusia. Sepanjang 2019 ada lebih dari 20 penyusupan pesawat ke KADIZ. Namun tak disebutkan untuk tahun-tahun setelahnya.

KADIZ pertama kali dibuat oleh Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) pada 1951 atau saat pecahnya Perang Korea. Zona tersebut sebenarnya berada di luar wilayah udara teritorial Korsel. Hanya saja pilot pesawat asing yang melintasinya harus melapor diri guna mencegah konfrontasi yang tidak disengaja. 

Sebagai contoh pesawat Jepang memasuki KADIZ sekitar 500 kali setiap tahun dengan memberikan pemberitahuan kepada pihak berwenang Korsel.

Dalam kasus penyusupan, Korsel mengerahkan jet tempur untuk mencegat pesawat asing. Contohnya, saat empat pesawat militer China dan empat dari Rusia melanggar KADIZ pada 24 Mei, AU Korsel mengirim jet tempur sebagai tanggapan.

Saat itu bersamaan dengan kunjungan Presiden AS Joe Biden ke kawasan. Sementara itu Rusia dan China menggelar latihan perang gabungan mencakup penerbangan melibatkan pesawat pembom strategis di atas Laut Jepang dan Laut China Timur. 

AU Korsel juga mengirim jet tempur saat pesawat Rusia memasuki KADIZ tanpa memberi pembertahuan pada Agustus.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda