Terungkap, Donald Trump Pernah Ajak Kim Jong Un Naik Pesawat Air Force One tapi Ditolak

Djairan ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 11:55:00 WIB
Terungkap, Donald Trump Pernah Ajak Kim Jong Un Naik Pesawat Air Force One tapi Ditolak
Donald Trump pernah menawarkan tumpangan kepada Kim Jong Un untuk pulang naik Air Force One saat pertemuan di Vietnam, namun ditolak (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Pertemuan bersejarah mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un merupakan salah satu momen paling penting dalam masa kepresidenannya. Ada beberapa kejadian yang sebelumnya belum pernah tersiar ke publik.

Seperti dalam pertemuan kedua Trump dengan Kim di Hanoi, Vietnam, pada 2019. Pertemuan tersebut salah satunya bertujuan membujuk Kim agar mau melucuti senjata nuklir, namun tidak berjalan sesuai rencana. Begitu negosiasi gagal, Trump tiba-tiba meninggalkan pertemuan.

“Terkadang memang hanya perlu pergi berjalan kaki,” ujar Trump, dikutip dari BBC, Selasa (23/2/2021).

Namun sebelum pergi, Trump ternyata memberikan tawaran mengejutkan kepada Kim. Dia menawari Kim tumpangan pulang menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One, setelah kesepakatan nuklir bersejarah itu gagal.

“Presiden Trump menawari Kim tumpangan pulang dengan Air Force One. Presiden (Trump) tahu bahwa Kim menempuh perjalanan menggunakan kereta beberapa hari melalui China, lalu ke Hanoi. Presiden mengatakan, 'Saya bisa mengantar Anda pulang dalam 2 jam jika mau', namun Kim menolak," ujar Matthew Pottinger, pakar Asia terkemuka di Dewan Keamanan Nasional Trump.

Tawaran tersebut merupakan salah satu dari banyak kejutan yang tidak terbayangkan akan terjadi antara dua pemimpin. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2