Terungkap, George HW Bush Pernah Jadi Orang Tua Asuh Bocah Filipina

Anton Suhartono ยท Kamis, 20 Desember 2018 - 06:24:00 WIB
Terungkap, George HW Bush Pernah Jadi Orang Tua Asuh Bocah Filipina
George HW Bush (Foto: AFP)

TEXAS, iNews.id - Sebuah surat mengungkap, mantan presiden Amerika Serikat (AS) mendiang George HW Bush pernah menjadi orang tua asuh bagi seorang anak Filipina selama 10 tahun.

Tak banyak yang tahu, bahkan keluarga mendiang sekalipun, karena presiden AS ke-41 itu menyembunyikan informasinya.

Bush menggunakan nama samaran untuk memberikan sumbangan, sehingga hanya lembaga sosial nonprofit selaku perantara, Compassion International, yang mengetahuinya.

Setelah Bush meninggal pada 30 November 2018 atau di usia 94 tahun, Compassion International merilis surat yang membuktikan hubungannya dengan sang anak ke publik.

Menurut laporan CNN, anak asuh itu bernama Timothy. Saat Bush pertama kali membantunya pada 2002, anak itu berusia 7 tahun. 

Keluarga mendiang tak bersedia memberikan komentar terkait surat tersebut. Namun juru bicara kantor George HW Bush, Jim McGrath, mengonfirmasi bahwa surat itu asli.

Bush pertama kali mengirim surat ke Timothy pada 24 Januari 2002. Di situ dia mengungkapkan rasa sukanya kepada Timothy.

"Dear Timothy, saya ingin menjadi sahabat penamu yang baru. Saya seorang pria 77 tahun, tapi menyukai anak-anak. Walaupun kita belum pernah bertemu, saya sudah menyukai kamu. Saya tinggal di Texas, saya akan mengirim surat dari waktu ke waktu. Good luck. G. Walker," isi surat.

Mantan Presiden Compassion International Wess Stafford mengatakan, meskipun bisa berpengaruh pada keamanannya, Bush tetap melanjutkan misi filantropi dan mengirim surat kepada anak tersebut.

Selama mendapat bantuan, Timothy tidak mengetahui sama sekali bahwa donaturnya merupakan mantan presiden AS, sampai dia lulus.

"Setelah beberapa saat, asisten eksekutif saya, Angie Lathrop, mengambil alih bantuan tersebut. Setelah Timothy lulus pada usia 17 tahun, dia (Lathrop) terbang ke Filipina untuk bertemu dengannya. Saat itulah Lathrop memberitahu siapa orang tua asuh sebenarnya," kata Stafford.

Timothy tercengang. Dia benar-benar tidak percaya bahwa pria yang menulis surat itu merupakan mantan presiden AS.

Itu adalah kali terakhir Compassion International berkomunikasi dengan Timothy. Lembaga ini memiliki mitra dengan lebih dari 7.000 gereja di 25 negara.

Editor : Anton Suhartono