Terungkap Pasukan Israel Siap Serang Iran Begitu Diperintah, Dapat Dana Rp41 Triliun

Anton Suhartono · Kamis, 30 Desember 2021 - 11:36:00 WIB
Terungkap Pasukan Israel Siap Serang Iran Begitu Diperintah, Dapat Dana Rp41 Triliun
Pasukan Israel siap menyerang Iran begitu mendapat persetujuan (Foto: Reuters)

TEL AVIV, iNews.id - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) diketahui telah membuat skenario serangan ke Iran terkait dengan program nuklir negara tersebut. Ada beberapa skenario yang disiapkan, namun Israel tak bisa memastikan apakah serangan itu akan memberikan dampak terhadap program nuklir Iran atau tidak.

Surat kabar Israel Haaretz melaporkan, IDF mendapat alokasi dana 9 miliar shekel atau sekitar Rp41 triliun untuk mempersiapkan serangan tersebut. Dana itu digunakan untuk membeli persenjataan baru yang canggih, menggelar latihan angkatan udara, serta melakukan pemetaan untuk menentukan target serangan.

Menurut laporan Haaretz, seorang pejabat militer mengatakan kepada pemerintah, IDF siap menyerang Iran segera setelah mendapat persetujuan. 

Namun IDF juga mempelajari dampak serangan terhadap keamanan di kawasan. Serangan terhadap Iran dikhawatirkan memicu pembalasan dari kelompok-kelompok pro-Iran, termasuk pecahnya pertempuran dengan Hizbullah Lebanon atau dengan kelompok perjuangan Palestina di Jalur Gaza seperti Jihad Islam dan Hamas.

Selain itu IDF mencatat Iran telah memperluas sistem pertahanan udara dalam beberapa tahun terakhir yang akan mempersulit serangan udara. Bukan hanya itu, Iran juga telah meningkatkan persenjataan rudal jarak jauhnya secara sifnifikan. Rudal-rudal Iran dapat menjangkau target seluruh wilayah Israel dengan mudah.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda