Thailand Rekor 10.082 Kasus Baru Covid Sehari, Pemerintah Bakal Perketat Pembatasan

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 17 Juli 2021 - 11:33:00 WIB
Thailand Rekor 10.082 Kasus Baru Covid Sehari, Pemerintah Bakal Perketat Pembatasan
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid kepada warga di Thailand. Negara Asia Tenggara itu menghadapi gelombang terbaru wabah Covid sejak April lalu. (Foto: Reuters)

BANGKOK, iNews.idThailand pada Sabtu (17/7/2021) ini melaporkan rekor lonjakan harian infeksi Covid. Negara itu mengonfirmasi 10.082 kasus baru virus corona dalam 24 jam terakhir.

Selain itu, otoritas kesehatan negeri gajah putih juga mencatat 141 kematian baru akibat wabah virus tersebut. 

Dengan adanya pertambahan kasus baru hari ini, total kejadian infeksi Covid di Thailand sekarang menjadi 391.989 kasus. Adapun total pasien virus corona yang meninggal di sana sebanyak 3.240 jiwa, menurut laporan gugus tugas Covid setempat.

Pihak berwenang Thailand memutuskan untuk memberlakukan pembatasan yang lebih ketat demi menahan lonjakan infeksi dalam gelombang wabah terbaru yang dimulai sejak April lalu. Di antara aturan pembatasan itu berupa larangan pertemuan yang melibatkan banyak orang. 

Larangan tersebut berlaku secara nasional. Setiap yang melanggar aturan diancam dengan hukuman maksimum 2 tahun penjara atau denda hingga 40.000 baht (Rp17,7 juta) atau keduanya. 

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha mengatakan, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan lebih banyak pembatasan lagi demi mengekang wabah Covid yang semakin meluas akibat varian alpha dan varian delta yang sangat menular. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: