Tiga Roket Pejuang Gaza Hantam Israel, Dibalas dengan Serangan Udara

Anton Suhartono ยท Jumat, 08 Desember 2017 - 10:16 WIB
Tiga Roket Pejuang Gaza Hantam Israel, Dibalas dengan Serangan Udara

Pejuang Gaza mulai menembakkan roket ke Israel pada Kamis kemarin sebagai buntut pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh AS (Foto: Reuters)

GAZA, iNews.id – Eskalasi konflik antara warga Palestina dan Israel semakin meningkat sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Bentrokan terjadi di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada Kamis 7 Desember 2017. Puluhan warga Palestina terluka terkena tembakan peluru tajam dan peluru karet.

Baca Juga:

Protes soal Yerusalem, 17 Warga Palestina Luka Ditembak Israel

Protes soal Yerusalem, Hamas Gulirkan Gerakan Intifada Lawan Israel

Sikap AS soal Yerusalem Bentuk Provokasi yang Tak Bisa Diterima

Di Gaza, roket juga ditembakkan ke wilayah Israel. Meski Gaza dikuasai Hamas, namun roket itu bukan ditembakkan pejuang Hamas melainkan gerakan perlawanan Brigade Al Tawhid.

Ada tiga roket yang ditembakkan ke wilayah Israel, satu di antaranya jatuh di area terbuka dan tidak menimbulkan kerusakan dan korban.

Setelah itu Israel membalas dengan serangan udara. Dua bangunan terkena tembakan, namun tidak ada korban.

"Ini untuk merespons peluru yang ditembakkan ke Israel sepanjang hari. Tank Pasukan Keamanan Israel (IDF) dan sebuah pesawat Angkatan Udara Israel (IAF) mengincar dua pos militer di Jalur Gaza. IDF menuduh Hamas bertanggung jawab atas penyerangan dari Jalur Gaza," demikian pernyataan militer Israel.

Saat perang pada 2014, para pejuang di Gaza menembakkan ratusan roket. Meski Israel memiliki sistem pertahanan canggih Iron Dome, tapi tidak semua roket pejuang Gaza yang berhasil dirontokkan.


Editor : Anton Suhartono