Tim Dokter Saudi Bantu Selamatkan Nyawa Jemaah Haji Iran yang Kena Serangan Jantung

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 11 Juli 2022 - 09:48:00 WIB
Tim Dokter Saudi Bantu Selamatkan Nyawa Jemaah Haji Iran yang Kena Serangan Jantung
Tim medis Rumah Sakit King Abdullah Medical City (KAMC), Makkah, membantu jamaah haji asal Iran untuk pulih dari serangan jantung, Minggu (10/7/2022). (Foto: SPA)

MINA, iNews.id – Tim dokter di Rumah Sakit King Abdullah Medical City (KAMC), Makkah, berhasil membantu menyelamatkan nyawa jemaah haji asal Iran, Minggu (10/7/2022). Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengungkapkan, pasien tersebut mengalami serangan jantung saat menunaikan ibadah haji.

Jemaah tersebut bernama Mohammad Reza Gholamreza Refatiani (60). Dia menjabat kepala misi medis Iran yang mendampingi jamaah haji dari negeri Persia tahun ini, menurut Kemenkes Saudi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Arab News melansir, Refatiani pertama kali dibawa ke RS Ajyad saat mengeluhkan nyeri di dadanya. Laki-laki itu kemudian dipindahkan ke KAMC untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Dokter melakukan prosedur kateterisasi pertama yang membuka arteri koroner kiri posterior, yang telah dilebarkan dan dipasang stent,” ungkap Kemenkes Saudi.

“Setelah dokter memperhatikan bahwa rasa sakit Refatiani berlanjut, dia menjalani operasi kateterisasi kedua untuk memperluas koroner anterior kiri, menghilangkan stenosis yang dideritanya, dan memasang stent menggunakan teknologi canggih terbaru yang diwakili oleh teknologi video untuk arteri koroner,” kata kementerian itu lagi.

Dr Muhammad al-Atin, selaku konsultan ahli jantung yang menangani Refatiani, mengatakan  bahwa kasus ini menunjukkan keefektifan sistem darurat yang ada di Saudi untuk melayani jemaah. Menurut dia, sistem tersebut memungkinkan pemindahan pasien ke rumah sakit dalam waktu cepat setelah munculnya gejala serangan jantung parah.

“Kasus Refatani ditangani dengan kecepatan tinggi, yang berkontribusi untuk menyelamatkan nyawa jamaah asal Iran itu,” kata al-Atin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda