Tradisi Unik Suku Kalash Pakistan yang Bikin Geleng Kepala, Pria Boleh Tiduri Perempuan Bersuami

Alifia Nur Faiza ยท Rabu, 13 April 2022 - 13:21:00 WIB
Tradisi Unik Suku Kalash Pakistan yang Bikin Geleng Kepala, Pria Boleh Tiduri Perempuan Bersuami
Tradisi unik Suku Kalash Pakistan, salah satunya para laki-laki boleh berhubungan seks dengan perempuan bersuami (Foto: Arab News)

JAKARTA, iNews.id - Tradisi unik Suku Kalash Pakistan menarik untuk disimak. Pasalnya, meskipun Pakistan negara Muslim, suku ini masih menganut animisme dan hidup dengan membuat aturan sendiri.

Agama, bahasa, identitas, dan ritual Suku Kalash bahkan terkadang sulit diterima masyarakat luar. Suku Kalash terkenal dengan perempuannya yang cantik serta pakaian yang unik. Pria Kalash menggunakan pakaian yang mencerminkan gaya populer Pakistan, Shalwar Kameez. Sementara para perempuan menggunakan pakaian tradisional berupa tutup kepala warna-warni, jubah hitam panjang, aksesori manik-manik, serta tampil dengan rambut dikepang.

Orang Kalash, yang juga disebut Kafir, Black Robe, dan Siah Posh, tinggal di tiga sub-lembah, yakni Bumboret, Rumbor, dan Birir di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, perbatasan Afghanistan. Lokasi tersebut cukup berbahaya sehingga turis mancanegara biasanya dikawal polisi untuk bisa ke sana. Penduduk Suku Kalash diyakini berjumlah antara 3.000 sampai 4.000 orang. 

Sebagai suku yang punya aturan tersendiri, Kalash memiliki tradisi unik. Perempuan masih dianggap sebagai gender kedua, namun kebebasan mereka sangat dijunjung tinggi. 

Pada satu bulan penuh Desember setiap tahun digelar festival bernama Chawmos. Para perempuan muda Kalash boleh kawin lari bersama pria yang dicintai selama festival. Hal ini jelas berbeda dengan tipikal penduduk Pakistan yang mayoritas Muslim dan sangat konservatif. 
Bahkan, perceraian juga hal yang lumrah dilakukan perempuan Kalash. Jika istri meminta cerai, suami hanya bisa pasrah.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda