Tragedi 9/11, Trump Kenang Penumpang 'Flight 93' yang Melawan Pembajak

Anton Suhartono ยท Selasa, 11 September 2018 - 13:42 WIB
Tragedi 9/11, Trump Kenang Penumpang 'Flight 93' yang Melawan Pembajak

Donald Trump (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan memperingati 17 tahun tragedi serangan Menara Kembar World Trade Center (WTC) dan kantor Pentagon, 9/11, di Pennsylvania, Selasa (11/9/2018) waktu setempat.

Trump akan menghadiri acara di Pennsylvania bersama Ibu Negara Melania untuk memberikan penghormatan kepada para penumpang pesawat United Airlines nomor penerbangan 93 yang dibajak teroris.

Pada 11 September 2001, satu dari empat pesawat yang dibajak militan Al Qaeda, jatuh di lapangan Kota Shanksville, sekitar 200 kilometer sebelah timur laut Washington.

Tak seperti tiga pesawat lain yang berhasil ditabrakkan ke Menara Kembar WTC dan kantor Pentagon, United Airlines flight 93 jatuh di lapangan setelah para penumpang melawan aksi pembajakan.

Sejak itu, para penumpang United Airlines flight 93 dinobatkan sebagai pahlawan.

"Mengenang kembali hari yang mengerikan dan tentu saja menghormati orang-orang yang tewas pada hari itu, tetapi juga mempertaruhkan nyawa mereka untuk membantu proses tersebut, " kata Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, dikutip dari AFP, Selasa (11/9/2018).

Pesawat United Airlines nahas itu diyakini akan ditabrakkan ke Gedung Capitol, tempat berkantornya anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) AS dan Senat. Saat itu, Kongres melaksanakan banyak rapat sehingga banyak anggota yang hadir.

Editor : Anton Suhartono