Tragis, Bocah 4 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Hotel saat Ibunya Sibuk Terima Telepon

Anton Suhartono ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 06:16 WIB
Tragis, Bocah 4 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Hotel saat Ibunya Sibuk Terima Telepon

Balita asal Inggris tewas tenggelam di kolam renang hotel saat ibunya sibuk menerima telepon (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Peristiwa di Siprus ini selayaknya menjadi pelajaran bagi para orangtua dalam mengawasi anak-anak, terutama balita. Anak laki-laki berusia 4 tahun asal Inggris meninggal akibat tenggelam di kolam renang hotel saat keluarganya berlibur di Siprus.

Saat kejadian, ibu korban, Lisa, sedang menerima telepon sehingga konsentrasinya teralihkan, tidak mengawasi aktivitas anaknya.

Saat itu, korban, Mya Piper, bersama adiknya, Jonah, sedang berjalan-jalan di sekitar kolam renang tanpa pengamanan memadai.

Lisa mendapat telepon dan meninggalkan dua anaknya selama beberapa menit. Namun saat kembali, dia tak mendapati Mya di lokasi, melainkan hanya Jonah.

Dalam kondisi panik, dia mencari Mya di sekitar kolam renang namun tak juga mendapatinya sampai ada tamu hotel lain berteriak dari balkon kamar bahwa ada anak kecil yang tenggelam.

Seorang turis asal Rusia lalu masuk kolam untuk mencari anak itu dan mendapatinya. Mya masih bernapas saat diselamatkan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Sayang, setibanya di rumah sakit Mya dinyatakan meninggal.

"Anak saya bermain di samping saya dan Mya menggunakan armband. Saya mendapat telepon dari rumah. Menerima telepon sekitar 5 menit dan saya bergerak menjauh," kata Lisa, dalam laporan yang diterbitkan kepolisian Siprus, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (3/12/2019).

Menurut laporan, Lisa sedang menerima telepon dari petugas perlindungan saksi terkait kasus rumah tangga di mana suaminya, Dale Ferris, ditangkap. Ferris tidak ikut berlibur bersama keluarga ke Siprus.

Petugas penyelidikan, Dawn Carter, yang memeriksa rekaman CCTV dari tepi kolam renang mengatakan ada pagar panjang memisahkan kolam anak-anak dengan dewasa.

"Saya bisa melihat area penuh dengan kursi berjemur tapi tidak bisa melihat penjaga kolam renang dan tidak ada cara untuk menjauhkan anak-anak dari kolam yang lebih besar," kata Carter.

"Saya melihat dua anak keluar dan masuk ke kolam lebih besar, berjalan di sekitar pagar. Jonah keluar dari kolam utama dengan aman tapi Mya tidak terlihat, menyelinap ke bawah," tuturnya, menambahkan.

Hasil penyelidikan menyebutkan kematian Mya merupakan kecelakaan, namun petugas hotel ditahan dan menjalani pemeriksaan terkait tuduhan kelalaian. Hotel seharusnya menugaskan penjaga di kolam renang.


Editor : Anton Suhartono