Trump: China Akan Lakukan Segala Cara agar Saya Kalah dalam Pilpres

Anton Suhartono ยท Kamis, 30 April 2020 - 15:36 WIB
Trump: China Akan Lakukan Segala Cara agar Saya Kalah dalam Pilpres

Donald Trump (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaitkan China dengan Pemilihan Presiden AS yang akan berlangsung pada November mendatang.

Dia menyebut penanganan virus corona di China merupakan bukti bahwa negara Komunis itu akan melakukan apa saja untuk membuatnya kalah.

"China akan melakukan segala cara untuk membuat saya kalah dalam pemilihan ini," tutur Trump, kepada Reuters.

Menurut Trump, China menginginkan lawannya dari Demokrat, Joe Biden, untuk menang. Tujuannya agar AS mengurangi tekanan seperti selama ini dilancarkan terhadap China, seperti soal perdagangan dan lainnya.

"Mereka terus-menerus menggunakan pencitraan publik untuk membuat seolah-olah mereka pihak yang tidak bersalah (virus corona)," katanya.

AS, lanjut dia, sedang mempelajari berbagai opsi untuk membuat China bertanggung jawab atas wabah virus corona yang sekarang sudah menjangkiti 215 negara dan wilayah.

"Saya bisa melakukan banyak hal," ujarnya.

Trump menyalahkan China atas pandemi global Covid-19. Lebih dari 60.000 nyawa melayang di AS akibat virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan itu.

Pemberlakuan lockdown menambah pukulan telak bagi AS, menjerumuskan Paman Sam ke resesi ekonomi mendalam.

Situasi ini berdampak kepada Trump di mana penilaian publik menjadi buruk menjelang pilpres. Tentu saja ini mengancam peluangnya untuk bisa bertahan ke periode kedua.

Trump menuduh China tak transparan dan tidak melakukan tindakan yang cukup sejak untuk mencegah penyebaran, sehingga negara lain, termasuk AS, terkena dampak.

Kedua negara belakangan ini saling jual beli serangan dalam perang verbal memperdebatkan asal-usul virus.

AS mencurigai virus corona merupakan hasil pekerjaan di laboratorium Wuhan yang kemudian bocor. Sementara itu Juru Bicara Kemlu China Zhao Lijian mengatakan ada kemungkinan virus dibawa ke Wuhan oleh tentara AS.

Posisi Trump memang agak terganggu dengan virus corona. Ini terlihat dari hasil polling Reuters/Ipsos di mana warga AS yang setuju dengan cara Trump menangani wabah virus corona tak sampai setengah, yakni 43 persen.

Namun Trump punya harapan setelah Gilead Sciences Inc mengungkap hasil penelitian bahwa ada kemajuan dalam uji coba obat untuk mengobati Covid-19. Pengembangan dan produksi vaksin juga akan dipercepat.

Editor : Anton Suhartono