Trump: China Lakukan Pekerjaan Sangat Profesional Dalam Melawan Virus Korona

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 08 Februari 2020 - 11:49 WIB
Trump: China Lakukan Pekerjaan Sangat Profesional Dalam Melawan Virus Korona

Presiden AS Donald Trump berjalan dari Marine One di South Lawn, Gedung Putih, di Washington, 7 Februari 2020. (FOTO: Brendan Smialowski / AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan China melakukan pekerjaan yang sangat profesional dalam memerangi wabah virus korona.

Trump mengatakan bahwa dia membahas krisis korona dengan Presiden Xi Jinping melalui telepon. Perbicangan itu, kata dia, berjalan sangat baik.

"Kami berbicara, kebanyakan tentang virus korona. Mereka bekerja sangat keras dan saya pikir mereka melakukan pekerjaan yang sangat profesional," katanya di Gedung Putih, seperti dilaporkan AFP, Sabtu (8/2/2020).

Trump mengatakan AS dan China bekerja sama dalam masalah ini.

"Saya pikir China akan melakukan pekerjaan dengan sangat baik."

Sebelumnya, AS menawarkan bantuan sebesar 100 juta dolar atau sekitar Rp1,3 triliun ke China dan negara-negara lain yang terkena dampak untuk memerangi virus korona. Virus tipe baru itu menyebar cepat dan kini sudah menginfeksi di lebih dari 25 negara.

Janji bantuan itu muncul setelah China mengkritik tanggapan AS terhadap krisis virus korona. China menyebut AS menyebarkan "kepanikan" dengan melarang masuknya warga negara asing yang melakukan perjalanan ke China.

Selain itu, AS juga sudah menyumbang hampir 17,8 ton pasokan medis ke China termasuk masker, pakaian, kain kasa, dan respirator.


Editor : Nathania Riris Michico