Trump Kirim Pejabat AS Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 12 Oktober 2019 - 11:32 WIB
Trump Kirim Pejabat AS Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Presiden AS Donald Trump pada pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20, Hamburg, Jerman. (FOTO: REUTERS/C. BARRIA)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Donald Trump mengumumkan penunjukan delegasi yang akan dikirim ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi akan dilantik menjadi presiden RI periode kedua pada 20 Oktober 2019.

Menurut keterangan yang dirilis White House, seperti yang dilihat iNews.id, Sabtu (12/10/2019), Menteri Transportasi Elaine L Chao dipilih oleh Trump untuk memimpin delegasi AS.

Selain itu, Duta Besar AS untuk RI Joseph R. Donovan Jr juga bakal hadir dalam pelantikan.

BACA JUGA: Mahathir, PM Australia, PM Singapura dan Sultan Brunei Akan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

Sebelumnya, saat berkunjung ke New York bulan lalu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan jika AS akan mengirim wakilnya ke upacara pelantikan. Selain itu, ada juga kemungkinan Presiden Jokowi berkunjung ke AS pada 2020.

Presiden Jokowi akan dilantik sebagai Presiden RI untuk periode kedua pada 20 Oktober mendatang. Seperti pada pelantikan presiden RI sebelumnya, sejumlah kepala negara dan perwakilan diperkirakan akan hadir.

Salah satu yang dipastikan akan hadir adalah Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison. Sejak pelantikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004 yang dihadiri PM John Howard saat itu, perdana menteri Australia tak pernah absen untuk hadir dalam acara kenegaraan tersebut.

Selain itu, sejumlah pemimpin negara lain yang dipastikan hadir hingga saat ini adalah Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad; Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong; serta Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei. Wakil Presiden China, Wang Qishan, juga berencana menghadiri pelantikan Presiden Jokowi.


Editor : Nathania Riris Michico