Trump Kritik Biden gegara Bantu Ukraina Rp587 Triliun, Negara Eropa Saja Tak Sebanyak Itu

Anton Suhartono ยท Jumat, 13 Mei 2022 - 08:14:00 WIB
Trump Kritik Biden gegara Bantu Ukraina Rp587 Triliun, Negara Eropa Saja Tak Sebanyak Itu
Donald Trump kritik Joe Biden yang menyediakan bantuan untuk Ukraina lebih dari 40 miliar dolar AS (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengkritik kebijakan Joe Biden yang menggelontorkan bantuan 40 miliar dolar AS atau sekitar Rp587 triliun untuk Ukraina. Dia membandingkan dengan jumlah dikeluarkan negara-negara Eropa untuk Ukraina yang jauh lebih kecil, padahal mereka berada di satu kawasan.

"Mengapa kita memberikan lebih dari 40 miliar dolar untuk Ukraina, sementara sebagai perbandingan, Eropa memberikan sangat sedikit. Jelas mereka lebih terdampak invasi Rusia daripada AS," kata Trump, dikutip dari Sputnik.

Trump menambahkan, saat menjabat presiden AS dia bisa memaksa negara-negara Eropa membayar porsi yang adil ke NATO. Oleh karena itu, pemerintahan Biden harus melakukan hal serupa terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Lebih lanjut presiden ke-45 AS itu menambahkan China dan negara lain tersenyum sehubungan dengan aliran miliaran dolar yang disediakan AS untuk Ukraina sejak Februari.

Jika anggaran 40 miliar dolar disahkan pekan depan, AS secara total telah membantu Ukraina 60 miliar dolar dalam beberapa tahun terakhir.

Senator AS Rand Paul mengatakan hanya lima negara di dunia yang menghabiskan lebih dari 60 miliar dolar untuk militer dalam setahun. Angka tersebut juga hampir sama dengan anggaran militer Rusia dalam setahun.

Politikus Partai Republik itu menambahkan, AS harus meminjam uang dari China untuk diberikan kepada Ukraina.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda